Yamaha

Pelaku Industri Kreatif Lahirkan Gerakan Masker untuk Indonesia: Pesan 1 Berbagi 3

  Selasa, 14 April 2020   Widya Victoria
Ilustrasi masker kain

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Masker Untuk Indonesia resmi diluncurkan pada hari ini (Selasa, 14/2/202O). 

Gerakan yang diinisiasi oleh kumpulan relawan dari pelaku industri kreatif tanah air ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan penggunaan masker kain non-medis serta membantu keberlangsungan UMKM di tengah pandemik virus corona. 

Di Indonesia, pasien positif COVID-19 terus bertambah dan tingkat kematiannya juga mengkhawatirkan walaupun pemerintah sudah menggalakkan imbauan untuk membatasi aktivitas di luar rumah. 

Kini pemerintah juga menganjurkan masyarakat agar menggunakan masker kain non-medis ketika berada di tempat umum sehingga dapat mengurangi transmisi dan pencegahan virus corona. Selain itu, dengan menggunakan masker kain non-medis diharapkan dapat membantu mengurangi kelangkaan stok masker untuk para tenaga kesehatan.

“Kami bergerak untuk membantu mewujudkan misi pemerintah dan memfasilitasi ketersediaan masker kain non-medis untuk semua orang, karena kami sadar ketersediaan dan pemahaman memakai masker kain non-medis masih terbatas di masyarakat. Kami juga ingin memberikan akses kepada siapa saja untuk berbagi masker pada sesama. Dalam prosesnya, kami merangkul seniman dan UMKM untuk berkolaborasi.” ujar salah satu relawan penggerak Masker Untuk Indonesia,  Kevin Osmond. 

Sejumlah seniman dan UMKM Indonesia sudah ikut berkolaborasi dalam gerakan ini dan kian bertambah setiap harinya. 

The Goods Dept, Bluesvilles, Liunic on Things, Locale, Untold, Abenk Alter, Heimlo, Ardneks, Ykha Amelz, Kamengski, Darbotz, dan Sanchia Hamidjaja yang telah mendesain masker yang siap dipesan sekaligus diberikan ke mereka yang membutuhkan.  

Anton Wirjono, pendiri The Goods Dept sekaligus relawan, menambahkan, melalui gerakan Masker Untuk Indonesia diharapkan UMKM bisa membantu menahan laju penyebaran virus corona lewat karya kreasinya. 

“Sudah sepatutnya sebagai orang Indonesia kita bergotong royong menolong bangsa. Sebagai  seniman, saya berkontribusi melalui karya seni saya yang dijadikan desain masker kain non-medis. Selain itu semoga gerakan ini dapat menginspirasi seniman Indonesia lainnya untuk turut berkontribusi," ungkap salah satu seniman tanah air, Abenk Alter. 

Hanya dengan langkah sederhana, setiap orang bisa berkontribusi "pesan satu, berbagai tiga." Artinya cukup dengan memesan satu masker kain, pemesan bisa sekaligus berbagi tiga masker kain lainnya kepada mereka yang membutuhkan. 

Untuk menyalurkan masker kain non-medis, MASKER UNTUK INDONESIA bermitra dengan sejumlah organisasi seperti BenihBaik.com, Gerakan Pemuda Ansor, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Gerakan Indonesia Kuat, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), dan Yayasan Langkah Kasih.

Masker kain non-medis yang dapat dipesan di www.maskeruntuk.id adalah masker berbahan dasar scuba yang mampu mencegah partikel dan droplets karena seratnya yang halus dan padat. 

Masker kain scuba ini juga bisa dicuci dan digunakan secara berulang kali. Bukan hanya aman, bahan yang lembut dan tidak mudah sobek akan membuat pengguna lebih nyaman menggunakannya. 

Seperti yang diunggah dalam akun Youtube Masker untuk Indonesia, gerakan ini juga mendapat dukungan dari berbagai selebriti serta tokoh masyarakat yaitu Andy F. Noya, Najwa Shihab, Chicco Jerikho, Joe Taslim, Julie Estelle, Nino RAN, Armand Maulana, Yosi Mokalu, Caca Tengker, Didiet Maulana, Lukman Sardi, Uya Kuya, Choky Sitohang, Giring Ganesha, Melaney Ricardo, Boy William, Jessica Mila dan beberapa nama lain yang turut menyuarakan kepedulian untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

Diharapkan dengan semakin banyak masyarakat yang berkontribusi, gerakan Masker Untuk Indonesia ini dapat membantu meredam penyebaran pandemi serta membantu meningkatkan produktivitas UMKM Indonesia untuk terus berkarya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar