Yamaha

Jaringan Jurnalis Kristiani dan Dapoer Kasih Aksi Sosial untuk Masyarakat Kecil di Jakarta

  Selasa, 14 April 2020   Aldi Gultom
Salah seorang anggota Jaringan Jurnalis Kristiani membagikan kotak berisi makanan sehat kepada pemulung di kawasan Jakarta Pusat. (Dok. JJK)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Tanggung jawab sosial wartawan bukan cuma menyajikan berita yang faktual dan berimbang kepada publik. Wartawan juga bisa berbagi dalam bentuk lain kepada sesamanya manusia.

Tengok saja apa yang dilakukan sebuah komunitas wartawan di DKI Jakarta. Mereka menggelar aksi sosial untuk masyarakat kecil, kelompok yang paling terpukul secara ekonomi oleh pandemi COVID-19.

Para wartawan ini tergabung dalam wadah Jaringan Jurnalis Kristiani (JJK). Dari hari ini dan direncanakan sampai Jumat mendatang, mereka akan menunjukkan kepedulian sosial dengan menyalurkan makanan siap saji kepada para pekerja harian yang terdampak krisis multidimensi saat ini.

“Aksi ini muncul dari ketulusan para jurnalis untuk melakukan gerakan bela rasa kemanusiaan guna meringankan beban mereka yang terdampak COVID-19, terutama para pekerja harian seperti pengemudi ojol, sopir bajaj, sopir taksi, pedagang kaki lima, pemulung, ojek pangkalan, sopir angkutan umum, dan lain-lain," ujar koordinator aksi sosial Jaringan Jurnalis Kristiani, Dar Edi Yoga, Selasa, (14/4/2020).

Menurut Yoga, sikap solidaritas, semangat gotong royong dan saling bantu harus ditingkatkan terutama pada saat ini. Solidaritas dan gotong royong merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang menjadi kepribadian bangsa. 

"Sikap tolong menolong dapat mempererat rasa persaudaraan satu sama lain tanpa memandang suku dan agama sebagai saudara sebangsa. Dan kali ini kami mengapresiasi untuk para pahlawan keluarga yang tetap berjuang mendapatkan penghasilan setiap hari bagi keluarganya," terang Dar Edi Yoga yang juga pengurus PWI Pusat.

Ketika berbagi kasih dalam aksi tadi siang, ada kejadian menarik simpati yang disaksikan sendiri oleh para anggota Jaringan Jurnalis Kristiani. Di kawasan Rawasari, Jakarta Pusat, mereka menemui pemulung yang menolak pemberian makanan gratis. Alasannya sederhana, karena sudah menerima dari pihak lain.

"Maaf pak, sudah ada yang ngasih makanan untuk saya tadi," kata pemulung itu kepada anggota JJK, Gabriel Bobby.

Bagi para anggota Jaringan Jurnalis Kristiani, kejujuran pemulung itu adalah suatu sikap yang luar biasa dan patut ditiru semua orang. 

Aksi sosial JJK ini bekerjasama dengan Restoran Dapoer Kasih pimpinan Kim Siong yang berlokasi di Mangga Dua Square Jakarta. Setiap harinya, dibagikan 200 kotak makanan sehat berisi lauk daging ayam, telur, mie dan tempe orek serta minuman dalam kemasan. 

Beberapa waktu yang lalu, JJK juga menggelar aksi sosial membagi makanan siap saji kepada masyarakat kecil, bekerja sama dengan Bhinneka Padang Restoran Tangerang.

"Semoga warga Indonesia dimanapun berada selalu terpanggil untuk berbela rasa ikut membantu sesama agar dapat mempercepat berakhirnya wabah COVID-19 ini," ujar pengurus JJK, Mercys C Loho, didampingi dua koleganya, Wilson B Lumi dan Gabriel Bobby.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar