Yamaha

Besok PSBB Kota Bekasi, Toko Bahan Pangan dan Apotek Tetap Buka

  Selasa, 14 April 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi Kota Bekasi. (Ayobandung.com/Ananda M Firdaus)

BEKASI SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Kota Bekasi akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada esok hari (Rabu, 15/4/2020). 

Ada sejumlah fasilitas publik yang ditutup sementara, sementara toko bahan pangan dan apotek termasuk unit usaha yang diizinkan tetap buka.

Kabag Humas Kota Bekasi, Sajekti Rubiah, menjelaskan bahwa hal itu sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) yang mengatur mekanisme PSBB di sebuah wilayah.

“Merujuk aturan itu, pasar ritel modern, pasar swalayan maupun toko swalayan, dan apotek tidak ditutup saat PSBB,” kata Sajekti, Selasa (14/4/2020).

Selain supermarket, pasar, dan apotek, tempat lain yang menyediakan kebutuhan pangan, barang penting, bahan bakar minyak, gas, dan energi juga tetap tersedia.

Kemudian, tempat yang juga tetap beroperasi saat PSBB adalah fasilitas pelayanan kesehatan (faskes) atau fasilitas lain dalam rangka pemenuhan pelayanan kesehatan, dan tempat atau fasilitas umum untuk pemenuhan kebutuhan dasar penduduk lainnya termasuk kegiatan olahraga.

“Kegiatan-kegiatan di tempat fasilitas umum dalam pengecualian tetap perlu diperhatikan. Tetap ada aturan pembatasan jumlah pengunjung agar mencegah penyebaran virus COVID-19,” ujarnya.

Dalam penerapan PSBB di Kota Bekasi, pemerintah setempat juga telah meliburkan sekolah dan tempat kerja, melakukan pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial dan budaya, pembatasan moda transportasi dan pembatasan kegiatan lainnya.

Adapun pengecualian saat PSBB diterapkan terhadap kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan terkait pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, distribusi, logistik, dan kebutuhan dasar lainnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar