Yamaha

Jokowi Larang Mudik, Perbatasan Disekat

  Selasa, 21 April 2020   Fitria Rahmawati
Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). (Suara.com/Muhammad Yasir)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin mengatakan, akan melakukan penyekatan di wilayah perbatasan DKI Jakata. Hal itu dilakukan sebagai salah satu pelaksanaan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melarang kegiatan mudik Lebaran untuk mencegah penyebaran pandemi Virus Corona.

Benyamin mengatakan, penyekatan tersebut akan diberlakukan terhadap jenis kendaraan umum dan pribadi. Namun, penyekatan tidak berlaku bagi kendaraan yang mengangkut logistik dan bahan bakar minyak atau BBM. Sementara, bagi kendaraan umum dan pribadi baik roda dua ataupun roda empat alias mobil yang hendak keluar wilayah Jakarta akan diputar balikan.

"Nanti akan kita sekat di pintu-pintu keluar Jakarta, akan kita suruh kembali. Teknisnya seperti apa, nanti masih akan ada pembicaraan di tingkat menteri," kata Benyamin saat dikonfirmasi pada Selasa (21/4/2020).

Presiden Jokowi resmi melarang mudik saat libur lebaran 2020 guna menekan angka penyebaran pendemi Covid-19. Setelah sebelumnya Jokowi hanya melarang mudik bagi ASN, TNI, Polri dan pegawai BUMN.

AYO BACA : Polwan Rayakan Hari Kartini dengan Pembagian Sembako ke Warga Miskin

Pemerintah akan menutup akses keluar dan masuk ke Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sebagai salah satu kebijakan larangan mudik pada Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Berlaku 24 April

Plt Menteri Perhubungan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemberlakuan larangan mudik dan penutupan akses tersebut juga akan berlaku bagi daerah yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan daerah yang berstatus zona merah Covid-19.

Pemberlakuan larangan mudik, kata dia, mulai diterapkan 24 April 2020 mendatang.

AYO BACA : Ini Lawan Khabib Usai Mundur dari UFC 249

"Larangan mudik ini tidak dibolehkan lalu lintas orang untuk keluar dan masuk dari dan ke wilayah khususnya Jabodetabek namun logistik masih dibenarkan," kata Luhut usai rapat terbatas pada Selasa (21/4/2020).

Meski menutup akses masuk dan keluar ke Jabodetabek, namun pemerintah memastikan lalu lintas di dalam wilayah tersebut masih berjalan.

Dia pun menyatakan transportasi publik di Jabodetabek masih tetap beroperasi.

"KRL juga akan jalan, nah kemudian untuk mempermudah masyarakat tetap bekerja khususnya tenaga kesejatan," kata luhut.

 

Jokowi Larang Mudik, Berlaku Mulai 24 April

AYO BACA : PS Sleman Donasikan Rp88 Juta untuk Lawan Covid-19 dari Lelang Jersey

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar