Yamaha

Selama PSBB Ada 2.985 Penumpang Bus AKAP yang Berangkat dari Terminal Kalideres

  Selasa, 21 April 2020   Aldi Gultom
Suasana Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pada Jumat (27/3/2020). (Warta Kota/Desy Selviany)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Ada 2.985 penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat, selama periode Pembatasan Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

"Sejak penerapan PSBB mulai 10 April hingga 20 April, tercatat ada 2.985 penumpang yang berangkat. Sedangkan pada 1 April hingga 9 April, sebelum diberlakukan PSBB, tercatat sebanyak 3.033 penumpang yang berangkat dari terminal ini," ujar Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres, Revi Zulkarnaen, Selasa (21/4/2020).

Meski mengalami penurunan jumlah penumpang, pengawasan terhadap bus dan kawasan terminal serta protokol kesehatan terus digencarkan petugas untuk memutus penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Selama PSBB diterapkan untuk Jakarta, operasional terminal hanya dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB sesuai Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta 71/2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar bidang Transportasi.

Ditambahkan Revi, petugas juga melakukan pemeriksaan bus yang hendak keluar terminal untuk memastikan pengemudi dan penumpangnya menerapkan protokol pencegahan penularan virus corona, seperti penggunaan masker, jumlah penumpang maksimal 50 persen dari kursi yang tersedia, dan konfigurasi duduk antar penumpang.

"Penumpang umumnya menuju Lampung, Pekalongan, Purwokerto, Wonosobo, Tasikmalaya, Sumedang dan Banjar," terang Revi. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar