Yamaha

8 Orang Positif COVID-19, 57 WNI ABK MV Artania Diisolasi di Wisma Atlet

  Sabtu, 25 April 2020   Aldi Gultom
Para ABK kapal pesiar MV Artania tiba di Dermaga Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin (Jumat, 24/4/2020). (Dok. Puspen TNI)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Delapan orang dari 57 WNI Anak Buah Kapal (ABK) kapal pesiar MV Artania dinyatakan positif COVID-19.

Para ABK kapal pesiar asal negara Australia itu tiba di Dermaga Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/4/2020).

Kedatangan 57 WNI tersebut disaksikan langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan-I) Laksdya TNI Yudo Margono. Yudo didampingi Pangkoarmada-I Laksda TNI Muhammad Ali dan Danlantamal III Brigjen TNI Mar Hermanto.

Dalam keterangan resminya, Pangkogabwilhan-I mengatakan bahwa 57 WNI ABK MV Artania terdiri dari 51 laki-laki dan 6 orang perempuan. 

AYO BACA : 56 ABK Kapal MV Arthania Tiba di Tanjung Priok, Dinyatakan Positif Covid-19

"Semuanya dibawa ke RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara, untuk menjalani proses observasi dan isolasi," ujar Yudo dalam rilis yang dikirim Puspen TNI.

Delapan orang dinyatakan positif Virus Corona setelah menjalani rapid test yang diadakan langsung di atas kapal. Mereka langsung dibawa menggunakan mobil ambulans menuju Wisma Atlet Kemayoran. Sedangkan 49 orang dinyatakan negatif.

Menurut Laksdya TNI Yudo Margono, pemulangan WNI ini bukan yang terakhir. Pada Senin (27/4/2020) lusa, akan ada 349 orang WNI ABK yang dikembalikan ke Indonesia. Berikutnya masih banyak lagi WNI yang akan dipulangkan ke Indonesia.

"ABK yang tiba di Jakarta akan diisolasi atau observasi ke RS Darurat pasien COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran. Tapi, jika ABK itu tiba di Pulau Batam, maka akan diisolasi atau observasi ke Rumah Sakit Galang. Kami menyesuaikan perintah dan siap melaksanakan membantu penanganan isolasi tersebut,” terang Pangkogabwilhan-I.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar