Yamaha

RS Galang Tolak Pasien Corona, Ketua MPR: Evaluasi Kinerja Semua RS Rujukan

  Senin, 27 April 2020   Widya Victoria
Ketua MPR. Bambang Soesatyo

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Ketua MPR, Bambang Soesatyo prihatin masih belum cepat tanggap dan sigapnya respon rumah sakit rujukan terhadap kasus COVID-19. 

Bambang merujuk kasus penolakan pasien virus corona oleh RS Khusus Infeksi COVID-19 di Pulau Galang, Batam. Ia mendorong pemerintah segera mengevaluasi kinerja rumah sakit, terutama rumah sakit rujukan COVID-19 di seluruh Indonesia, agar memahami dan memiliki visi misi juga Standar Operasional Presedur/SOP yang sama dalam penanganan kasus COVID-19. Sehingga, lanjut Bambang, kasus serupa tidak terulang kembali di rumah sakit manapun.

"Mendorong setiap rumah sakit, terutama rumah sakit rujukan COVID-19, mempermudah prosedur dan mekanisme pemeriksaan serta pengobatan bagi pasien yang terjangkit maupun yang mengalami gejala virus corona, karena setiap rumah sakit wajib menerima pasien yang datang," kata Bambang. 

Ketua DPR periode 2014-2019 ini juga mendorong pemerintah agar menekankan kepada pihak rumah sakit untuk berkomitmen dalam menangani pasien terjangkit COVID-19 tanpa terkecuali.

Selain itu mendorong pihak rumah sakit untuk meningkatkan pemahaman SDM, terutama yang bekerja di bagian administrasi, mengenai prosedur penerimaan dan penanganan pasien darurat COVID-19, agar dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit yang bersangkutan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar