Yamaha

Dompet Dhuafa Ajak Beramal di Bulan Ramadan Lewat Digitalisasi dan Konser Online

  Jumat, 01 Mei 2020   Hendy Dinata

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pandemi virus corona (Covid-19) membuat suasana Ramadan tahun ini terasa sangat beda dari biasanya. 

Tidak cuma di Indonesia, seluruh umat Islam di dunia pun merasakan hal sama akibat ancaman virus corona baru. Situasi ini menjadi tantangan besar bagi siapapun, termasuk lembaga penyalur bantuan seperti Dompet Dhuafa. 

Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan, mengatakan, Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan yang juga mengelola zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) memiliki kewajiban untuk tetap menggerakkan roda ekonomi zakat maupun kemanusiaan. Badai virus Corona bukan halangan, tapi lebih sebagai tantangan.

Untuk program Ramadan 1441 H ini, Dompet Dhuafa menggencarkan ajakan beramal lewat berbagai fitur digital. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat yang mendapatkan informasi mudahnya berzakat dan berdonasi melalui pembayaran digital.

Dompet Dhuafa juga akan melakukan kampanye lebih besar melalui layanan digital fundraising, lalu akan mengoptimalkan jaringan di 34 propinsi dan 200 zona layanan di nusantara serta jaringan global Dompet Dhuafa di 30 negara.

Selain itu, beberapa program offline seperti pengajian perkantoran, kultum menjelang berbuka, pengajian sekolah, akan dialihkan ke digital.

"Akan menjadi pengajian online, tadarus bersama by IG Live atau Youtube. Atau kultum dengan tausiyah online, kerja sama dengan berbagai media," ujar Imam, Jumat (1/5/2020).

Selain itu, Dompet Dhuafa bersama musisi Dwiki Dharwaman serta para musisi lainnya mengajak beramal melalui konser amal #CukupDariRumah. Konser yang rencananya hadir setiap Sabtu malam ini, selain untuk menghibur masyarakat di rumah, juga untuk mengajak orang lain terlibat dalam donasi Cegah Tangkal Corona selama Ramadan 1441 H.

“Alhamdulillah, dengan teknologi dan gadget masing-masing, kami bisa tampil. Prinsip kami, tidak mau menyusah-nyusahkan keadaan. Terima kasih tim teknis Dompet Dhuafa, alhamdulilah minggu lalu berjalan dengan baik. Kami bersama para musisi bersatu untuk memutus mata rantai Covid-19 melalui nada," ungkap Dwiki Dharmawan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar