Yamaha

Cara Mengubah Password Akun Tokopedia yang Diduga Bocor

  Minggu, 03 Mei 2020   Widya Victoria
Akun pengguna Tokopedia

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Data pengguna Tokopedia dikabarkan bobol dan dijual di forum online. 

Kabar ini mencuat ketika sebuah akun Twitter bernama Under the Breach, mempublikasi screenshot yang menyatakan pada Maret 2020 lalu, peretas telah mencuri 15 juta data pengguna Tokopedia berupa email, username, nomor HP, tanggal lahir, dan hash password

Menanggapi kabar tersebut, Tokopedia mengimbau para penggunanya untuk mengganti password atau kata sandi mereka dan ini harus dilakukan secara berkala. 

Nah, cara mengganti passwod di Tokopedia terbilang cukup mudah. 

Pertama, buka situs (versi web) atau ebaplikasi Tokopedia dan masuk (login) ke akun Anda.

Kemudian, pilih tab "Akun" yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon "Pengaturan". Kemudian tinggal pilih menu "Akun" dan klik menu "Kata Sandi".

Setelah itu, masukkan kata sandi lama dan baru di kolom yang tersedia dan klik tombol "Simpan".

AYO BACA : Data Pelanggan Dilego Rp 74,81 Juta, Apa Kata Tokopedia?

Untuk keamanan tambahan, Anda bisa menambahkan enam digit PIN Tokopedia dengan mengklik menu "PIN Tokopedia" di tampilan "Atur Akun" tadi. PIN akan diminta ketika akun Tokopedia Anda digunakan untuk bertransaksi.

Pada tampilan akun bank, pilih nomor rekening yang didaftarkan saat awal registrasi dan klik tombol "Hapus".

Namun jika dirasa masih kurang aman, Anda juga bisa mengaktifkan fitur keamanan ekstra lainnya melalui verifikasi dua langkah (two-factor authentication/2FA).

Ketika fitur ini aktif, pengguna harus memasukkan enam digit kode yang dihasilkan secara acak dan berkala dari sistem. Namun untuk mengaktifkannya, Anda wajib mengunduh aplikasi Google Authenticator.

Setelah memasang Google Authenticator, buka situs Tokopedia di desktop (komputer/laptop) dan klik menu "Pengaturan" yang bisa diakses ketika Anda meng-klik ikon avatar masing-masing di pojok kanan atas. Lalu, pilih tab "Google Authenticator" dan klik tombol "Aktifkan Google Authenticator" yang bisa ditemui ketika Anda menggulir (scroll) layar ke bawah. 

Beberapa saat kemudian, Anda bakal disodori tampilan yang memampang sebuah kode QR dan 16 digit kode aktivasi, berikut kolom untuk memasukkan enam digit kode otentikasi. 
Untuk mengetahui kodenya, buka aplikasi Google Authenticator yang telah dipasang dan pindai kode QR tersebut. Anda juga bisa memasukkan deretan kode aktivasi tadi jika kamera gagal memindai kode.

Setelah Google Authenticator berhasil memindai kode, klik tombol "Add Account" dan masukkan enam digit kode yang dihasilkan di kolom "Kode Autentikasi" pada halaman Tokopedia. Terakhir, klik tombol "Verifikasi". 

Jika proses ini telah selesai, maka nantinya Anda diharuskan untuk memasukkan enam digit kode yang dihasilkan oleh aplikasi Google Authenticator jika Anda masuk ke akun Tokopedia di perangkat baru.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar