Yamaha

Aksi Pemudik Nekat, Kucing-kucingan dengan Petugas saat Larangan Mudik

  Senin, 04 Mei 2020   Budi Cahyono
Aksi nekat pemudik menyembunyikan mobil dalam truk untuk mengelabui petugas gabungan Polri, Dishub, dan TNI yang berjaga di check point Gerem, Kota Cilegon, Banten, terbongkar. [dok.polisi]

CILEGON, AYOJAKARTA.COM -- Larangan mudik dari pemerintah tampaknya tak membuat para pemudik mengurungkan niat kembali ke kampung halaman. Berbagai upaya kucing-kucingan dengan petugas penjaga lintas perbatasan pun dilakukan demi bisa mudik pada Lebaran tahun ini.

Aksi nekat pemudik mengelabui petugas gabungan Polri, Dishub, dan TNI yang berjaga di check point Gerem, Kota Cilegon, Banten, terbongkar.

Pemudik menyembunyikan mobil Suzuki APV bernomor polisi B-1886-TRH ke dalam bak truk berpelat nomor wilayah Lampung, BE- 8023 - NA.

AYO BACA : Bikin Geli, Pemudik Ini Kelabui Polisi dengan Sembunyi di Tumpukan Kerupuk

"Kami menemukan truk mengangkut mobil dan penumpang pemudik," kata Kasatlantas Polres Cilegon Ajun Komisaris Ali Rahman Sihotang, melalui pesan singkat, Minggu (3/5/2020).

Aksi menyembunyikan mobil dalam truk itu menambah daftar penipuan lucu para pemudik, agar bisa pulang ke kampung halamannya melalui Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Untuk diketahui, pemerintah telah menerbitkan kebijakan larangan mudik Idulftri 2020 untuk mencegah penyebaran wabah virus corona Covid-19.

AYO BACA : Ada-ada Saja, Ini Cara Akali Petugas Biar Bisa Mudik

Rahman mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu siang sekitar pukul 13.00 WIB. Menurutnya, aksi serupa bisa saja kembali terjadi.

"Tujuan mereka akan ke Lampung. Jadi mobilnya sengaja disembunyikan dalam bak truk, untuk mengelabui petugas," kata dia.

Belakangan diketahui, pemudik yang memunyai akal bulus itu adalah Suryono. Ia bersama sang istri, Dewi Lestari, mengakui hendak mudik ke Braja Salebah, Kabupaten Lampung Timur.

"Sedangkan truk itu dikemudikan oleh Dedi Suptiano. Mobilnya ditutupi terpal. Pemilik mobil membayar ke sopir truk Rp2 juta," kata dia.

AYO BACA : Kreatif, Ini Cara Kelabui Petugas saat Larangan Mudik di Semarang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar