Yamaha

Tak Ada Bus Beroperasi di Terminal Lebak Bulus

  Jumat, 08 Mei 2020   Fitria Rahmawati
Sebagai ilustrasi, Petugas Dinas Perhubungan memeriksa kendaraan bus di Terminal Bus Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Foto: Thoudy Badai/Republika

CILANDAK, AYOJAKARTA.COM - Kepala Regu Terminal Bus Lebak Bulus, Hilman, mengaku tidak ada bus yang beroperasi hingga sekarang. Pelayanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) masih tidak berjalan meski Kementerian Perhubungan telah membuka secara terbatas seluruh moda transportasi.

"Tidak ada layanan AKAP, larangan mudik tetap berjalan, relaksasi PSBB itu khusus untuk penanganan Covid-19 saja," kata Hilman, Kamis (7/5/2020) petang.

AYO BACA : Transjakarta Buka Rute Cipulir-Lebak Bulus dengan Armada Minitrans

Hilman menyebutkan, sejak pukul 06.30 WIB hingga jam operasional bus ditutup pukul 18.00 WIB tidak ada bus yang masuk ke terminal. Begitu juga bus pengumpan tidak tampak melintas di Terminal Lebak Bulus, termasuk juga penumpang tidak ada yang datang.

Menurut dia, sejak layanan bus AKAP ditutup pada 24 April 2020, satu-dua warga ada yang datang ke terminal menanyakan keberangkatan bus. "Yang datang nanya satu-dua ada, tapi sekarang tidak ada," kata Hilman.

AYO BACA : MRT Siapkan Parkiran Khusus Penyandang Disabilitas, Dimulai dari Stasiun Lebak Bulus

Meski layanan operasional bus tidak tersedia, sejumlah pekerja terminal masih beraktivitas di Terminal Lebak Bulus seperti agen tiket. Sekitar 15 agen tiket nampak duduk-duduk di loket pemesanan tiket. Meski tidak ada penumpang yang datang. Jhon (40), agen salah satu perusahaan otobus (PO) menyebutkan, mereka tetap beraktivitas di terminal untuk mengisi waktu selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). "Mau ngapain kita di rumah, jenuh juga, mana kerjaan tidak ada," kata Jhon.

Jhon menyebutkan, tidak ada bus yang beroperasi sejak 24 April mendatang. PO tidak berani mengoperasikan bus selama ada larangan operasional. "Enggak berani pemilik bus, bisa kena sanksi," kata Jhon.

Jhon berharap Kementerian Perhubungan benar-benar membuka lagi layanan bus AKAP agar para pekerja terminal tidak lagi kehilangan pendapatan.

AYO BACA : MRT Jakarta Sediakan Go-Ride Instan di Transit Plaza Lebak Bulus

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar