Yamaha

Menhub Instruksikan Terminal di Jakarta Beroperasi 24 Jam

  Minggu, 10 Mei 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Suasana di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. [Suara.com/Oke Atmaja]

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Angkutan umum kini telah diizinkan untuk beroperasi kembali di tengah pandemi virus corona dan larangan mudik. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bahkan meminta terminal beroperasi selama 24 jam.

Instruksi dari Menhub ini tertuang dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat nomor SE.9/AJ.201/DRJD/2020.

Perintah ini ditujukan ke beberapa pihak seperti perusahaan angkutan umum, balai pengelola transportasi darat, pengelola angkutan pelabuhan dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo.

Budi meminta kepada Syafrin agar mengirimkan jajarannya untuk memastikan terminal beroperasi selama 24 jam.

“Memastikan Terminal Penumpang tetap beroperasi selama 24 (dua puluh empat) jam dengan tetap memperhatikan ketentuan protokol kesehatan,” kata Budi dalam surat tersebut yang dikutip suara.com, Minggu (10/5/2020).

Selain itu Syafrin diminta untuk berkoordinasi dengan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 untuk mendirikan pos di tiap terminal. Nantinya pos itu juga harus memenuhi ketentuan protokol kesehatan.

“Berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 Daerah dalam pembentukan pos penjagaan dan pemeriksaan di setiap terminal penumpang,” jelasnya.

Petugas di lapangan juga harus mengawasi penggunaan masker oleh para penumpang atau pengguna jasa di terminal.

Selain itu, perusahaan angkutan umum juga diharuskan memahami isi Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nasional tentang kriteria penumpang yang boleh menaiki angkutan.

“Melaporkan hasil pengawasan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat dan ditembuskan ke Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek,” jelas Budi kepada Syafrin.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar