Yamaha

Hanya 3 Bus AKAP dengan 5 Penumpang Berangkat dari Pulo Gebang

  Senin, 11 Mei 2020   Fitria Rahmawati
Sebagai ilustrasi, penumpang terlihat jarang di Terminal Tanjung Priok. (Republika.co.id)

PULO GEBANG, AYOJAKARTA.COM - Pasca Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, melonggarkan operasional bus, Terminal Pulo Gebang yang dipilih Pemprov DKI Jakarta sebagai satu-satunya yang bisa mengoperasionalkan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Izin tersebut tertuang dalam surat edaran NO SE.9/AJ.201/DRJD/2020 tentang izin beroperasi bus AKAP.

Kepala Unit Pengelola Terminal Pulo Gebang, Bernad Octavianus Pasaribu mengatakan berdasarkan data terakhir baru ada 3 unit bus AKAP yang berangkat.

"Hingga Minggu 10 Mei 2020 hanya ada 3 Bus AKAP yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang," kata Bernad saat dikonfirmasi, Senin (11/5/2020).

AYO BACA : Agen Tiket Bus Dibikin Pusing Peraturan Mudik Menhub Budi Karya

Bernad menerangkan, dari 3 Bus AKAP yang berangkat tercatat hanya ada 5 orang penumpang dengan tujuan 3 kota di Pulau Jawa.

Adapun rinciannya yakni dua penumpang berangkat ke Blitar, satu penumpang dengan tujuan akhir Yogyakarta dan dua penumpang lainnya menuju Pekalongan.

"Penumpang sendiri berjumlah 5 orang hingga 10 Mei 2020," tuturnya.

Lebih lanjut, syarat bagi calon penumpang yang ingin berpergian ke luar kota sudah tertera dalam Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

AYO BACA : Tak Bisa Operasikan AKAP, Lebak Bulus Masih Tutup

Berdasar aturan tersebut diketahui, bahwa perjalanan keluar kota hanya diperbolehkan bagi orang yang mempunyai tugas dinas atau menghadapi kemalangan karena keluarganya meninggal atau sakit keras. Kemudian, bagi warga negara Indonesia yang hendak pulang ke tanah air.

Lebih lanjut, Bernad menilai penumpang yang naik menggunakan bus dibatasi hanya 50% dari kapasitas kursi yang tersedia.

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan telah mengizinkan angkutan umum ke luar daerah beroperasi dengan beberapa ketentuan. Menindaklanjuti hal ini, Pemprov DKI akan kembali membuka terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) juga akan kembali beroperasi di terminal itu. Pulogebang disebutnya akan menjadi satu-satunya terminal yang mendapatkan izin.

"Terminal Pulogebang saja untuk Jabodetabek. Hanya 1 terminal itu saja yang beroperasi," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Senin (11/5/2020).

Meski boleh beroperasi, waktu beroperasi juga hanya sebentar, yakni lima jam setiap harinya. Pihaknya akan menerapkan ketentuan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona Covid-19 di terminal.

AYO BACA : AKAP Bisa Beroperasi, Terminal Pulo Gebang Akan Dibuka

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar