Yamaha

Kejati Jabar Tunjuk 8 Jaksa untuk Adili Perkara Sunda Empire

  Kamis, 14 Mei 2020   Budi Cahyono
Tersangka penipuan yang mengatasnamakan Sunda Empire. (Ayobandung.com/Faqih Rohman)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat Abdul Muis Ali menuturkan bahwa pihaknya sudah menerima berkas perkara kasus Sunda Empire. Namun, berkas perkara tersebut belum dilimpahkan ke pengadilan.

“Berkas semua sudah siap limpah, dakwaan barang bukti juga sudah siap limpah,” ungkap Abdul saat dikonfirmasi, Rabu (13/5/2020).

Abdul mengatakan, kondisi wabah virus corona yang tengah terjadi saat ini, menjadi pertimbangan mengapa berkas perkara dan barang bukti yang telah siap belum bisa dilimpahkan ke pihak pengadilan.

AYO BACA : Ramai Sunda Empire Mau Bikin Negara Baru, Warganet Heran Ada Pengikutnya

“Berdasarkan hasil koordinasi dgn ketua PN, mengingat situasi wabah corona, maka masa penahanan para tersangka dioptimalkan sampai batas yang telah ditentukan oleh undang-undang. Mengingat juga banyaknya perkara yang sedang disidangkan secara online,” terangnya.

Untuk mengawal perkara Raden Rangga cs, ungkap Abdul, pihak Kejati Jabar telah menunjuk delapan jaksa dari Kejati dan Kejari.

“Penunjukkan jaksa dari Kejati ada 6 orang dan dari Kejari ada 2 orang untuk menyidangkan perkara tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan tiga petinggi Sunda Empire yakni NB, RRN, dan KAR sebagai tersangka penyebaran berita bohong. Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 14 dan atau Pasal 15 UU RI No. 1 Tahun 1946 dengan ancaman hukuman penjara maksimal 10 tahun penjara.(Vina Elvira)

AYO BACA : Babak Baru Para Pendiri Sunda Empire

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar