Yamaha

Surat Bebas Covid-19 Dijual Bebas di Pasar Online, Ini Kata Bukalapak

  Kamis, 14 Mei 2020   Fitria Rahmawati
BukaLapak. [Tangkap Layar BukaLapak]

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Larangan mudik tak membuat oknum pencari keuntungan habis akal. Beredar surat keterangan bebas Covid-19 dan surat perjalanan dinas yang dipasarkan melalui toko online di berbagai platform seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Bahkan, harganya hanya Rp70 ribu.

Head of Corporate Communications Bukalapak, Intan Wibisono, menyatakan mereka sudah menurunkan produk dagang berupa surat perintah perjalanan dinas SPPD.

"Karena produk ini melanggar syarat dan ketentuan berjualan di Bukalapak, maka kami take down,"kata Intan, Kamis (14/5/2020).

Bukalapak melarang pedagang untuk menjual produk yang melanggar aturan hukum, baik hukum yang berlaku di Indonesia maupun kebijakan Bukalapak. Mereka memiliki tim untuk memantau jenis barang yang dijual di platform tersebut.

"Jadi kalau ditemukan produk seperti ini, pasti akan segera kami take down," kata Intan.

AYO BACA : Bukalapak-Google Bisnisku Sinergi Perluas Pasar Toko Kelontong

Platform Tokopedia membenarkan ada penjual nakal yang menjual surat keterangan sehat bebas Covid-19.

"Saat ini, kami telah menindak produk dan/atau toko yang dimaksud sesuai prosedur," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Wijaya, dalam keterangan resmi.

Tokopedia menegaskan tidak ada transaksi surat keterangan bebas Covid-19 tersebut dan melarang penjual lainnya untuk memasukkan produk seperti ini di platform.

"Kami juga kembali menegaskan, saat ini Tokopedia telah melarang tayang produk dan/atau toko yang melanggar tersebut. Walau Tokopedia bersifat User Generated Content - dimana setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri - kami tidak pernah mendukung praktik tidak bertanggung jawab seperti ini.

Surat keterangan bebas Covid-19 juga ditemukan di platform Shopee, namun, platform tersebut tidak memberikan keterangan hingga berita ini ditulis.

AYO BACA : Manfaatkan Situasi Corona, Bukalapak Tutup Ribuan Akun Pelapak

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar