Yamaha

Dicatut Namanya Dalam Jual Beli Surat Bebas Covid-19, Ini Penjelasan RS Mitra Keluarga

  Kamis, 14 Mei 2020   Fitria Rahmawati
RS Mitra Keluarga bantah menjual surat sehat bebas covid. (Dok. Instagram/MitraKeluarga)

TANGERANG, AYOJAKARTA.COM - Surat keterangan bebas Covid-19 dijual bebas melalui toko online dengan harga yang bervariasi. Bahkan, salah satu iklan yang ditayangkan memunculkan contoh surat keterangan bebas Covid-19 dari RS Mitra Keluarga Gading Serpong dan diunggah akun @DokterPodcast di Twitter.

Menanggapi hal itu, pihak RS Mitra Keluarga Gading Serpong membantah adanya penjualan surat tersebut. Melalui surat dari bernomor MIKA/PR/001/V/2020, Manajemen Mitra Keluarga membantah telah menjual surat sehat bebas Covid yang beredar di ecommerce.

AYO BACA : Surat Bebas Covid-19 Dijual Bebas di Pasar Online, Ini Kata Bukalapak

"Sehubungan dengan beredarnya pemberitaan di sosial media maupun situs berita mengenai surat keterangan sehat yang menggunakan kop surat Mitra Keluarga dan/atau mengatasnamakan Mitra Keluarga, dengan ini kami sampaikan bahwa kammi Manajemen Mitra Keluarga, tidak pernah bekerja sama dengan pihak-pihak yang memperjual-belikan surat keterangan bebas Covid-19 maupun surat keterangan apapun," demikian bunyi surat tersebut, dilihat dari Instagram Stories @MitraKeluarga, Kamis (14/5/2020).

Manajemen Mitra Keluarga juga meminta pihak yang menyalahgunakan namanya untuk mencabut dan menghentikan perbuatan. Jika tidak, manajemen siap menempuh jalur hukum.

AYO BACA : Polisi Dalami Kasus Jual Beli Online Dokumen Syarat Perjalanan

"Mitra Keluarga akan menempuh jalur hukum jika masih ada pihak yang mengatas namakan dan/atau menggunakan atribut Mitra Keluarga, termasuk penggunaan kop surat Mitra Keluarga tanpa seizin kami," tulisnya lagi.

Tak diketahui pasti siapa penjual surat tersebut. Saat Suara.com coba menelepon nomor yang tertera, nomor tersebut sudah tidak bisa dihubungi.

Sementara itu, pihak Tokopedia juga mengaku telah menindak pemilik akun yang menjual surat tersebut.

"Terkait ditemukannya surat pernyataan sehat dari virus COVID-19 di platform Tokopedia, kami ingin menginformasikan bahwa tidak terjadi transaksi atas produk ini. Kami juga kembali menegaskan, saat ini Tokopedia telah melarang tayang produk dan/atau toko yang melanggar tersebut," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya melalui pesan tertulis.

AYO BACA : Calon Pembeli Surat Bebas Covid-19 Harus Pesan Via WA

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar