Yamaha

Turun di Tanjung Emas, 181 TKI dari Malaysia Mudik ke Daerah Masing-masing

  Jumat, 15 Mei 2020   Budi Cahyono
181 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mudik lewat Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (15/5/2020) pagi. (Ayosemarang.com/Afri Rismoko)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Sebanyak 181 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) turun di Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (15/5/2020). TKI yang bekerja di Malaysia itu diangkut menggunakan KM Dharma Rucitra IX.

Pantauan Ayosemarang.com di dermaga KM Dharma Rucitra IX sandar di Pelabuhan Tanjung Emas sekitar pukul 07.30 WIB.  Kemudian para TKI tersebut secara bertahap turun dari kapal dengan membawa kelengkapan dokumen untuk diperiksa.

Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), KSOP Tanjung Emas dan PT Pelindo nampak berjaga pada beberapa titik. Satu per satu TKI diperiksa surat jalan dan kondisi suhu tubuhnya ketika memasuki terminal penumpang.

Di halaman parkir sudah terdapat beberapa armada di antaranya dari Kabupaten Demak dan Jawa Barat. Armada tersebut memang dipersiapkan untuk mengangkut para TKI tersebut pulang ke daerahnya masing-masing.

AYO BACA : TKI dari Malaysia Turun di Pelabuhan Tanjung Emas

Kepala Kepala (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Junaidi yang memntau proses kedatangan TKI tersebut mengatakan total ada 181 TKI yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (15/5/2020). Para TKI tersebut berasal dari beberapa daerah.

“Di antaranya dari Jawa Timur sebanyak 151 orang, Lampung 13 orang, NTB 10 orang, Jabar 5 orang dan Jateng 2 orang. Khusus Jateng mereka asal Wonosobo dan Demak,” tandasnya.

Ia menegaskan para TKI tersebut sudah melalui prosedur protokol kesehatan. Seluruh penumpang TKI juga akan dijemput oleh dinas tenaka kerja masing-masing daerah .

“Mereka turun langsung dijemput armada menuju daerah tujuan masing-masing. Rata-rata TKI bekerja di Malaysia. Mereka berangkat dari Pontianak hari Rabu (13/5/2020) pukul 17.00 WIB,” tutupnya.

Sebelumnya, sebanyak 55 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sudah turun di Pelabuhan Tanjung Emas dari Pontianak. Hal itu diungkapkan Kepala Kepala (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Junaidi di Pelabuhan Tanjung Emas, Kamis (14/5/2020). (Afri Rismoko)

AYO BACA : Pulang dari Malaysia, TKI Asal Jateng Akan Jalani Masa Karantina di Semarang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar