Yamaha

Pelanggar PSBB Jakarta Pusat Dikenakan Sanksi Sosial, Belum Ada yang Didenda

  Jumat, 15 Mei 2020   Fitria Rahmawati
Sebagai ilustrasi, tangkap layar pelanggar PSBB di Jakarta Timur dikenakan sanksi menyapu jalanan. instagram: @satpolpp.dki

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM - Memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II di DKI Jakarta, masih banyak pelanggar di daerah Jakarta Pusat. Sejauh ini belum ada yang dikenakan denda, namun banyak yang sudah mendapatkan sanksi sosial.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat, Mohammad Sholeh mencatat, sejak peridoe 9 hingga 13 Mei 2020, ada sebanyak 1.479 pelanggar PSBB saat berkendara di jalanan Jakarta Pusat. Warga masih banyak yang tidak taat menggunakan masker.

Soleh mengatakan, pelanggar masih didominasi oleh pengendara sepeda motor dengan 949 orang, pengendara mobil pribadi sebanyak 363 orang, dan pengendara kendaraan umum 167 orang.

AYO BACA : Pelanggar PSBB di Jakarta Utara Dihukum Push-up

Dari jumlah pelanggar sepeda motor, tercatat ada 563 orang yang tidak menggunakan masker, 31 orang yang berboncengan beda alamat KTP, dan 355 orang lainnya tidak menggunakan sarung tangan.

Kemudian dari jumlah pengendara mobil pribadi tercatat 222 orang tidak menggunakan masker, 141 melanggar batasan kapasitas penumpang 50 persen.

"Lalu pengendara kendaraan umum yang tidak pakai masker ada 93 orang, dan 74 melanggar kapasitas, ini baru di Jakarta Pusat," kata Sholeh, Jumat (15/5/2020).

AYO BACA : Anies Ancam Sanksi Keras untuk Perusahaan Pelanggar PSBB Periode Kedua

Sholeh memastikan seluruh pelanggar ini sudah ditindak sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

"Sanksi berupa kerja sosial, membersihkan fasilitas umum, menyapu jalan, trotoar, taman, halte, musala," ucapnya.

Sholeh menyebut belum ada pelanggar yang dikenakan denda seperti salah satu sanksi yang diatur dalam Pergub tersebut.

Diketahui, dalam pergub tersebut telah diatur, pengendara roda empat yang melebihi kapasitas akan dikenakan denda antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Sedangkan pengendara roda dua yang tidak menggunakan masker, sarung tangan dan berboncengan dengan KTP berbeda dikenakan denda Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.

AYO BACA : Anies: Pergub Sanksi Pelanggaran PSBB Agar Warga Jakarta Bisa Disiplin

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar