Yamaha

Sedekah Nasi Cinta, Program Sosial Warga Lenteng Agung di Masa Pandemi

  Sabtu, 16 Mei 2020   Aldi Gultom
Etalase tempat warga RT 003/RW 006 Lenteng Agung menempatkan makanan untuk dibagikan kepada sesama yang kesusahan di masa pandemi COVID-19 dalam program Sedekah Nasi Cinta. (Dok. Sudin Kominfotik Jaksel)

JAGAKARSA, AYOJAKARTA.COM -- Warga DKI Jakarta terbukti punya kepedulian dan kreativitas untuk mewujudkan solidaritas di masa pandemi ini. Faktanya, ada banyak cara untuk membantu sesama yang lemah. 

Lihat saja yang dilakukan warga RT 003/ RW 006 Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Warga di sana membuat sebuah inovasi dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah COVID-19, yaitu dengan program Sedekah Nasi Cinta atau bisa disebut SENACA.

Lurah Lenteng Agung, Bayu Pasca, menuturkan, SENACA adalah sebuah inovasi dari warga. Ini adalah bentuk gotong royong dan kekompakan membantu sesama. 

Setiap harinya di sebelum bulan Ramadan, warga di RT 003 menyiapkan makan siang untuk orang-orang yang membutuhkan. Sedangkan di selama Ramadan ini, makanan disiapkan untuk waktu berbuka puasa bagi para pengguna jalan atau warga yang membutuhkan di sekitar Jalan Joe Raya Kelurahan Lenteng Agung.

Di dalam etalase berukuran 1x2 meter, SENACA menyediakan makanan siap santap dan minuman tanpa memungut biaya. 

"Semua warga boleh mengambilnya bila membutuhkan dan bagi yang ingin berbagi silakan bisa juga untuk mengisinya," ungkapnya. 

Bayu menambahkan, selain untuk masyarakat luas, SENACA juga memfokuskan pelayanan kepada yatim piatu, kaum dhuafa, fakir, miskin. 

"Pengemis, petugas kebersihan, ojol, pemulung, musafir dan orang yang membutuhkan lainnya," terang Bayu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar