Yamaha

Dikepung Zona Merah, Pemkot Cirebon Cari Formula Keberimbangan Kesehatan-Ekonomi Rakyat

  Sabtu, 16 Mei 2020   Budi Cahyono
Penyekatan di Jalan Cipto Mangunkusumo saat PSBB Tingkat Jabar di Kota Cirebon. (Ayocirebon/Erika Lia)

CIREBON, AYOJAKARTA.COM -- Dikepung zona merah, masyarakat Kota Cirebon diingatkan terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat evaluasi secara daring bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ihwal PSBB tingkat Provinsi Jabar, Kota Cirebon termasuk level tiga.

"Dalam level tiga ini, sudah boleh berkegiatan. Tapi, tetap harus jaga jarak dan jalankan protokol Covid-19," ungkapnya seusai rapat daring, Sabtu (16/5/2020).

Namun, imbuhnya, masalahnya terletak pada posisi Kota Cirebon yang secara geografis berbatasan dengan sejumlah daerah, seperti Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Seluruh daerah tetangga, imbuhnya, tergolong zona merah. Kondisi itu menyulitkan otoritas setempat mengatur frekuensi pergerakan orang, baik yang masuk ke Kota Cirebon maupun yang keluar Kota Cirebon.

"Yang jadi masalah adalah daerah di sekitar Kota Cirebon atau yang berbatasan dengan Kota Cirebon, semuanya merah, sehingga menyulitkan Kota Cirebon mengatur frekuensi masyarakat yang masuk dan keluar dari Kota Cirebon," bebernya.

Karena itu, pihaknya akan lebih cermat mengatur strategi yang mengupayakan keberimbangan kesehatan maupun ekonomi masyarakat Kota Cirebon.

Azis berjanji akan membahas secepatnya bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, paling lambat esok hari.

Pembahasan sesegera mungkin diperlukan menjelang akhir PSBB Tingkat Provinsi Jabar di Kota Cirebon pada 19 Mei 2020, sejak dimulai pada 6 Mei 2020.

"Memang kondisi (zona Kota Cirebon kuning. Tapi, kita dikepung zona merah, makanya jadi khawatir dan perlu kajian untuk mengatasi ini," tegasnya.(Erika Lia)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar