Yamaha

Waspada! WHO Prediksikan Gelombang Kedua Covid-19

  Senin, 18 Mei 2020   Budi Cahyono
Logo WHO (dok)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk kawasan Eropa Dr Hans Kluge meminta kepada negara-negara di dunia mengantisipasi gelombang kedua Covid-19.

AYO BACA : Berdamai dengan Covid-19, Presiden Jokowi Isyaratkan Konsep Herd Immunity?

Ia pun menyinggung soal penurunan kematian karena virus corona belakangan ini. Menurutnya, hal itu bukan hal yang patut dirayakan. WHO memprediksi, gelombang kedua Covid-19 akan datang pada musim dingin.

AYO BACA : WHO Mengecam Konsep Berbahaya Herd Immunity dalam Pandemi Covid-19

Menurut Kluge, status lockdown di sejumlah negara seharusnya jangan dibuka terlebih dahulu sebelum pandemi ini benar-benar musnah. Ia lantas membandingkan kondisi di Benua Biru dengan Singapura dan Jepang yang tetap waspada terhadap virus corona, kendati angka kematian akibat Covid-19 di kedua negara tersebut telah mengalami penurunan.

“Saya sangat prihatin dengan mungkin akan terjadi pada musim gugur nanti, karena kita bisa menghadapi Covid-19 gelombang kedua, sama seperti flu musiman atau campak,” ujarnya kepada The Telegraph, seperti dikutip dari Mirror, Senin (18/5/2020).

Tak hanya WHO, pendapat yang sama juga diungkapkan oleh Robin Shattock, peneliti dari Imperial College London, yang memperingatkan adanya gelombang kedua virus corona pada akhir tahun ini.

“Bahaya besar yang sebenarnya adalah jika kita melihat jenis kasus Covid-19 pada musim dingin mendatang, dan saat itu kita juga terserang flu musiman. Itu bisa menjadi 'penghinaan' berlipat bagi penyedia layanan kesehatan,” pungkasnya.

AYO BACA : Ini 15 Mitos dan Fakta soal Virus Corona Menurut WHO

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar