Yamaha

Salat Idul Fitri, DMI Semarang Ikut Fatwa MUI Jateng

  Senin, 18 Mei 2020   Editor
Ilustrasi salat ied

SEMARANG TENGAH.AYOJAKARTA.COM -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah terkait imbauan menunaikan salat Idul Fitri (Id) di rumah.

Pimpinan Daerah (PD) DMI Kota Semarang, H Achmad Fuad mengatakan, imbauan tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 yang saat ini masih menjadi perhatian internasional.

"Tentunya kita mengimbau, meskipun nanti apakah semua menaati imbauan MUI terkait pelaksanaan salat ied di rumah tersebut, kita nggak tahu. Mengingat DMI tidak mempunyai kekuatan untuk memaksa, kita hanya mengimbau," ujarnya saat dihubungi, Senin (18/5/2020).

Achmad menambahkan, pelaksanaan salat ied di rumah masing-masing bisa dilakukan dengan tata cara yang sudah diberikan MUI. Bisa secara sendiri ataupun munfarid (tanpa kotbah).  

Untuk bacaan sehabis surat Al-Fatihah pun tak harus surat panjang. Cukup surat yang dihafal saja.

"Kalau di rumah kurang mantep, bisa melaksanakan salat ied dengan tetangga sebelah rumah yang dekat. Artinya benar-benar sama-sama mengetahui dan kenal. Jika ada warga dari luar, tidak diperbolehkan ikut salat dengan dilaksanakan gang. Tentu tetap menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar