Yamaha

Jet Snowbird Kanada Jatuh Saat Atraksi Penghormatan untuk Tenaga Medis

  Senin, 18 Mei 2020   Editor
Salah satu korban dalam kecelakaan pesawat Jet Snowbird Kanada. (Twitter/@RCAF_ARC)

AYOJAKARTA.COM -- Sebuah pesawat jet akrobatik Snowbirds jatuh di lingkungan British Columbia, Kanada pada Minggu (17/5/2020). Kecelakaan itu terjadi saat pesawat melakukan atraksi sebagai bentuk dukungan bagi tenaga medis yang memerangi pandemi COVID-19.

Menyadur BBC News, seorang pilot selamat setelah menyelamatkan diri melalui kursi pelontar. Sementara satu awak lainnya tewas usai menghantam pohon.

"Dengan hati yang berat kami mengumumkan bahwa salah satu anggota tim Snowbirds CF telah meninggal dan satu orang mengalami cedera serius," kata Royal Canadian Air Force dalam sebuah cuitan melalui akun Twitter.

Seorang saksi mata yakni Annette Schonewille mengatakan kepada CBC News: "Satu pesawat berlanjut dan yang lain, ada dua hembusan, itu tampak seperti hembusan asap dan satu terlihat seperti bola api," katanya.

"Tidak ada suara, itu aneh, pesawat hanya melakukan aksi dan jatuh langsung dari langit. Seketika langsung boom, jatuh, dan kemudian terjadi ledakan dan ada asap tebal." tambahnya.

Pesawat jet Snowbirds tersebut jatuh menghantam taman sebuah rumah di Kamloops, warga sekitar langsung berlari keluar dan berupaya memadamkan api.

"Saya baru saja mulai berlari menyusuri jalan. Dan saya sampai di sana mungkin satu menit setelah (pesawat) jatuh dan ada beberapa warga yang mengeluarkan selang dan mencoba memadamkan api karena menabrak sebuah rumah," kata tetangga Kenny Hinds kepada Associated Press.

Sementara itu, warga Nolyn McLeod mengatakan kepada CBC bahwa dia melihat pesawat melengkung ke jalan dan menabrak jendela kamar tidur rumah tetangganya.

Pihak Angkatan Udara Kanada (Royal Canadian Air Force) telah memberikan ucapan belasungkawa atas kecelakaan tragis yang menimpa anggotanya melalui akun Twitter.

"RCAF telah kehilangan salah satu anggota yang sangat berdedikasi di tim RCAF. Kami sangat sedih dan berduka bersama keluarga dan teman-teman Jenn. Kami bersama orang-orang terkasih dari Kapten MacDougall. Kami berharap segara pulih. Comd RCAF."

Belum diketahui penyebab kecelakaan yang menimpa pesawat akrobatik Kanada ini, namun kejadian serupa juga pernah terjadi pada bulan Oktober. Pesawat Jet Snowbirds menabrak area yang tidak berpenghuni sebelum pertunjukan udara di kota Atlanta AS.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar