Yamaha

Viral Kerumunan di Pasar Anyar, Wawali Bogor: Minggu Terakhir Jelang Lebaran

  Senin, 18 Mei 2020   Husnul Khatimah
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim (dok)

BOGOR, AYOJAKARTA.COM -- Kerumunan massa di kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor, Jawa Barat, viral melalui sebuah rekaman video yang tersebar di media sosial. Dalam video yang direkam Minggu (17/5/2020) itu terlihat orang berdesakan hingga ke jalanan khususnya di Jalan MA Salmun. 

Video yang tersebar itu seolah menimbulkan keprihatinan banyak pihak sebab bertolak belakang dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mewajibkan semua orang mempratikan physicall distancing. 

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan kerumunan masa itu disebabkan mendekati hari jelang lebaran yang biasanya banyak orang berbelanja. 

"Kita belajar dari peristiwa kemaren di mana mungkin jumlah orang yang datang kepasar itu luar biasa karena memang minggu terakhir menjelang hari raya nah kedepan kita tidak mau kecolongan lagi," kata Dedie, Senin (18/5/2020).

AYO BACA : Bima Arya Heran, Penerima Bantuan di Bogor Malah Beli Baju Lebaran

Dedie menilai tingginya antusias orang memadati Pasar Anyar juga kemungkinan didorong turunnya Tunjangan Hari Raya (THR) dan disalurkannya bantuan pemerintah.

"Bansos pusat, provinsi maupun kota juga baru keluar kemudian juga karena masyarakat ada keperluan untuk belanja karena sebagian besar arena perdagangan di Bogor ditutup dan yang tidak ditutup hanya dipasar nah mereka konsentrasi semua kesini," kata Dedie. 

Dia menegaskan ke depan agar tidak kecolongan, pihaknya akan membuat rekayasa lalulintas dan melakukan penertiban kerumunan masa. 

"Hari ini kita akan mencoba laksanakan beberapa rekayasa terutama rekayasa lalu lintas kemudian nanti Satpol PP akan ada semacam penertiban beberapa titik yang krusial yang dirasa jadi penghambat lalulintas di jalan MA Salmun ini. Ke depan kita atur sedemikian rupa supaya tidak terjadi penumpukan yang menimbulkan risiko penyebaran Covid di Kota Bogor," kata Dedie. 

AYO BACA : Warga Bogor Mulai Abai PSBB, Bima Arya Bubarkan Kerumunan di Pasar Anyar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar