Yamaha

Kecolongan Kerumunan di Pasar Anyar, Pemkot Bogor Tutup Jalan M.A Salmun

  Senin, 18 Mei 2020   Husnul Khatimah
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, bersama jajarannya. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOJAKARTA.COM -- Pemkot Bogor memutuskan untuk menutup sementara Jalan M.A Salmun yang merupakan salah satu akses menuju Pasar Anyar. 

Kebijakan menutup Jalan M.A Salmun ini merupakan buntut dari viralnya video kerumunan massa di Pasar Anyar, tepatnya di perlintasan rel kereta api. 

Video itu memicu kekhawatiran dari publik karena terjadi di masa pandemi COVID-19 di mana orang-orang seharusnya berdiam di rumah dan menjaga jarak fisik untuk menekan penularan virus corona.

"Kami lakukan rekayasa penutupan jalan M.A Salmun, akan kita tutup," ujar Dedie, Senin (18/5/2020).

Untuk menuju Pasar Anyar, nantinya masyarakat hanya diperkenankan melewati Jalan Dewi Sartika, Jalan Pengadilan atau Sawojajar.

AYO BACA : Warga Bogor Mulai Abai PSBB, Bima Arya Bubarkan Kerumunan di Pasar Anyar

"Jalan (M.A Salmun) itu juga berbahaya, tidak ada pintu lintasan kereta api. Malam ini kami lakukan penutupan sampai habis Lebaran," jelas Dedie. 

Menurut Dedie, kerumunan masa di kawasan Pasar Anyar terjadi karena banyak orang berbelanja di hari-hari terakhir Ramadan atau menjelang Idul Fitri 2020.

"Kita belajar dari peristiwa kemarin, di mana mungkin jumlah orang yang datang ke pasar itu luar biasa karena memang minggu terakhir menjelang hari raya. Ke depan, kami tidak mau kecolongan lagi," kata Dedie.

Agar tidak kecolongan lagi, pihaknya akan melakukan penertiban selain membuat rekayasa lalu lintas. 

"Satpol PP akan melakukan semacam penertiban di beberapa titik yang krusial, yang dirasa jadi penghambat lalu lintas di Jalan M,A Salmun. Ke depan kita atur sedemikian rupa supaya tidak terjadi penumpukan yang menimbulkan risiko penyebaran Covid di Kota Bogor," kata Dedie.

AYO BACA : Viral Kerumunan di Pasar Anyar, Wawali Bogor: Minggu Terakhir Jelang Lebaran

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar