Yamaha

Meski Wilayahnya Bebas Covid-19, Masjid Ini Tak Gelar Salat Idul Fitri

  Kamis, 21 Mei 2020   Khoirur Rozi
Sebagai ilustrasi salat jamaah di rumah/ shutterstock

KUNINGAN BARAT, AYOJAKARTA.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa terkait pelaksanaan Salat Id di tengah Pandemi Covid-19.

Salah satu Fatwa MUI, mengizinkan Salat Id berjamaah di wilayah yang terkendali atau kawasan yang bebas Covid-19 dan diyakini tidak terdapat penularan.

Walau begitu, banyak masjid yang tidak menggelar Salat Id berjamaah untuk menghindari potensi penularan virus meskipun tidak terdapat kasus Covid-19 di wilayahnya alias zona hijau.

Salah satu masjid yang tidak melaksanakan Salat Id adalah Masjid Al Huda. Terletak di kawasan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Merujuk pada situs corona.jakarta.go.id, wilayah ini belum terjangkit Covid-19.

Menurut Ketua Pengurus Masjid Al Huda, Musa, pihaknya memutuskan untuk tidak melaksanakan Salat Id berjamaah di masjid mereka. Alasannya sederhana. 

AYO BACA : Masjid Raya Jakarta Islamic Center Tidak Selenggarakan Salat Idul Fitri

"Kami tidak menggelar Salat Id ya karena dikhawatirkan orang-orang dari wilayah lainnya datang ke sini juga. Nanti malah ada keramaian, dan berpotensi penularan Covid-19," kata Musa kepada Ayojakarta, Kamis (21/5/2020).

Lebih lanjut dia menuturkan, masjid yang berkapasitas sekitar 200 jamaah ini tidak melaksanakan kegiatan ibadah apapun selama Ramadan. Pihak pengurus masjid mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak berkegiatan.

"Kami mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak menggelar salat berjamaah. Selama Ramadan juga memang enggak ada kegiatan ibadah jamaah," ungkapnya.

Salat Id sendiri adalah ibadah salat sunah (tidak wajib) yang dilakukan setiap hari raya Idulfitri dan Iduladha. Salat Id termasuk dalam salat sunah muakkad. Artinya, salat ini walaupun bersifat sunah, tetapi sangat penting sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya.

Yang pasti, mayoritas ulama di Indonesia sepakat untuk meniadakan sama sekali salat berjamaah di masjid-masjid bila pandemi Covid-19 belum berakhir. Sikap serupa juga ditunjukkan banyak ulama Islam di negara-negara lain.

AYO BACA : Betapa Sepi Kini Masjid Bersejarah Peninggalan Raden Saleh

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar