Yamaha

Dokter Ini Modifikasi Hazmat Bertema Superhero, Alasannya Mengharukan

  Kamis, 21 Mei 2020   Husnul Khatimah
dr. Rollando Erric Manibuy mengenakan hazmat bergaya Batman. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOJAKARTA.COM -- Masa pandemi membuat penampian baju hazmat kian akrab di mata publik. 

Tenaga medis yang menangani pasien positif atau terduga COVID-19 diwajibkan menggunakan beberapa macam alat pelindung diri (APD), salah satunya baju hazmat yang mirip baju astronot.

Tak bisa dibantah ada kesan angker ketika melihat tenaga medis memakai pakaian bernama panjang hazardous materials itu. 

Namun, dokter asal Bogor ini punya cara untuk mengurangi kesan seram itu.

Dokter ini bernama Rollando Erric Manibuy. Sehari-hari ini bertugas di Rumah Sakit Vania Bogor. Olehnya, hazmat dibuat jadi lebih mirip baju superhero. 

Erric "berubah" menjadi superhero setiap kali memulai tugas. Saat ditemui, Erric mengggunakan baju dinas mirip Batman. Niatnya, hanya ingin menciptakan suasana lebih ceria bagi pasien. 

"Pas muncul wabah ini, kita semua sempat khawatir. Padahal kami ini menjadi dokter karena memang senang dan karena keinginan hati, tapi tiba-tiba muncul pandemi ini. Kita khawatir dan takut karena harus memeriksa pasien. Dari  situlah saya ingin membuat suasana tetap ceria dan optimis," ujar Erric. 

Layaknya superhero, seragam yang digunakan Erric memiliki banyak guna. Tapi, lebih banyak untuk menyimpan hand sanitizer atau cairan disinfektan. 

"Ini bukan cuma pajangan tapi ada perlengkapannya. Saya semprot dulu, jadi ketika saya pulang ke rumah sudah aman. Ketika sudah dipakai praktek, baju ini terus disemprot disinfektan, kemudian menggunakan UV Chamber dan dicuci bersih," kata Erric.

Dokter juga manusia, pernah merasa takut. Begitupula Erric yang kadang khawatir tertular virus corona baru. Namun  semangatnya tak pernah patah untuk tetap menjalankan kewajiban sebagai Dokter Spesialis Bedah Tulang (Orthopedic).

"Kita dokter, kita harus siap menjalankan tugas dalam kondisi apapun dengan catatan tetap jaga keamanan dan kesehatan seperti pakai hazmat ini. Saya juga pakai masker," ujarnya.

Sekali lagi dia berharap baju hazmat superhero yang dia kenakan dapat membuat pasiennya lebih ceria dan membuat masyarakat tetap optimis di tengah pandemi. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar