Yamaha

Soal Bahar Smith dan Umar Assegaf, Begini Pendapat Pendiri PAN

  Jumat, 22 Mei 2020   Budi Cahyono
Abdillah Toha (Twitter).

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Memiliki pendukung yang banyak, Habib Bahar bin Smith dan Habib Umar Assegaf menjadi panutan bagi para pengikutnya. Menurut pendapat Abdillah Toha, salah satu pendiri Partai Amanat Nasional, Habib Bahar dan Habib Umar Assegaf  telah melakukan pelanggaran berat, namun masih didukung oleh banyak orang.

Seperti diketahui, Habib Bahar dipenjara karena kasus penganiayaan anak sementara Habib Umar baru-baru ini jadi sorotan publik karena bersikap arogan saat ditegur oleh petugas sebab melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Mengherankan, penganiaya anak seperti Bahar Smith atau penantang penegak hukum seperti Umar Assegaf masih banyak pendukungnya yang membela," kata Abdillah via akun Twitter-nya @AT_AbdillahToha.

AYO BACA : Panduan Salat Ied di Rumah, Ini Referensinya

Ia pun menduga-duga apa penyebab kedua tokoh itu masih dicintai oleh para pendukungnya mengingat kesalahan yang mereka lakukan mengundang pro-kontra masyarakat.

Dugaan Abdillah, hal itu karena kebencian yang dipupuk bersama sehingga menjadi kekuatan kelompok yang semakin menguatkan mereka.

"Apa kira-kira penyebabnya? Bisa jadi kebencian yang dipupuk menjadi kekuatan mereka bersama," katanya.

AYO BACA : Baru 3 Hari Bebas, Habib Bahar bin Smith Kembali Ditangkap Polisi

Padahal, menurutnya, salah satu poin penting dalam beragama adalah mengasihi antar sesama. Bukan memupuk kebencian di antarasesama umat seperti dugaan Abdillah.

"Padahal inti agama adalah kasih sayang dan akhlak," pungkasnya.

Cuitan itu pun sontak menuai berbagai reaksi dari warganet. Sebagian mengamini perkataan Abdillah Toha, seperti yang diungkapkan oleh akun @syakib_sidqi.

"Alhamdulillah. Masih ada tokoh agama yang terang-terangan membela yang benar. Terima kasih Buya," tulisnya.

"Memang sangat memprihatinkan pak. Ada yang salah dengan anak bangsa saat ini. Begitu mudahnya membenarkan dan menerima kesalahan. Tetapi begitu sulitnya membenarkan dan menerima kebenaran," kata @J_Aryoko.

"Ya Allah, mudah-mudahan semua ini tidak mencoreng Islam," tulis @Rusdiavisena

AYO BACA : Habib Bahar bin Smith Bebas Hari Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar