Yamaha

Cara Masak Ketupat dengan 20-30-20-30, Simak Penjelasannya

  Jumat, 22 Mei 2020   Budi Cahyono
Perajin ketupat di Kampung Bantar Gedang, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) (foto Ayobandung.com/Tri Junari)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Ketupat menjadi salah satu hidangan wajib di meja makan masyarakat Indonesia kala Idulfitri atau Lebaran. 

Meski menjadi makanan favorit, ternyata memasak ketupat tak semudah yang dibayangkan. Ketupat harus dimasak dalam waktu berjam-jam di atas kompor, yang tentu saja membuat gas lebih cepat habis. 

Belum lagi beberapa hal lain yang bisa menentukan ketupat matang dengan sempurna dan tidak cepat basi, seperti jenis beras yang digunakan hingga isian beras ke dalam ketupat yang harus pas, tidak boleh berlebihan maupun kurang.

Namun jangan menyerah dulu, karena ada cara memasak ketupat yang praktis, hemat gas dan ketupat yang dihasilkannya pun legit, padat dan tidak cepat basi dengan teknik 20-30-20-30. 

Teknik masak ketupat 20-30-20-30, maksudnya adalah masak ketupat dalam air mendidih selama 20 menit dengan api sedang, lalu matikan api dan istirahatkan 30 menit di kompor, lalu masak lagi ketupat selama 20 menit dengan api sedang, lalu matikan api dan istirahatkan lagi ketupat selama 30 menit.  Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk masak ketupat selama 40 menit.

Ingin tahu selengkapnya? Dikutip dari video YouTube Bersama Stfyani, berikut cara memasak ketupat hemat gas dan praktis yang bisa kamu coba.

Bahan: 

AYO BACA : Asal Muasal Tahu, dari Tiongkok hingga Populer di Indonesia

-Kulit ketupat secukupnya, cuci bersih

Tips: 

 -Gunakan panci besar agar semua bagian ketupat terendam air 

-Isi beras 1/2 - 3/4 dari kulit ketupat 

Cara membuat ketupat hemat gas:

-Masukkan beras ke dalam ketupat satu persatu dengan takaran yang sudah dijelaskan.

-Siapkan panci, masukkan air yang banyak ke dalam panci agar semua bagian ketupat terendam, biarkan hingga mendidih.

AYO BACA : Kuliner Ramadan, Resep Lamb Chops Praktis untuk Buka Puasa

-Setelah mendidih masukkan ketupat satu persatu ke dalam panci. Pastikan semuanya terendam, lalu tutup panci.

-Masak ketupat selama 20 menit dengan api sedang. Penghitungan 20 menit dihitung sejak panci tertutup. Jangan buka tutup panci hingga proses masak selesai.

-Setelah dimasak selama 20 menit, matikan kompor. Diamkan ketupat di dalam panci selama 30 menit, jangan buka tutup pancinya.

-Jika sudah didiamkan selama 30 menit, masak lagi ketupat selama 20 menit dengan api sedang.

-Tidak perlu menambahkan air lagi ke dalam panci, karena air yang diisi di awal sudah cukup banyak.

-Setelah dimasak 20 menit dengan api sedang, matikan kompor lagi. Lalu ikuti proses awal, diamkan lagi selama 30 menit, jangan buka tutup pancinya.

-Nah, setelah didiamkan 30 menit, buka tutup panci, angkat ketupat yang sudah dimasak satu persatu.

-Tiriskan dengan cara digantung agar ketupat cepat dingin dan tidak cepat basi, sehingga bisa tahan lama. Ketupat pun siap disantap dengan lauk pauk khas Lebaran seperti, opor ayam, sambal goreng ati, semur, rendang, sayur labu siam dan lainnya.

AYO BACA : Kuliner Ramadan, Resep Ikan Dori Sambal Matah untuk Buka Puasa

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar