Yamaha

Sidang Isbat: Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada 24 Mei 2020

  Jumat, 22 Mei 2020   Khoirur Rozi
ilustrasi Lebaran/ shutterstock

SAWAH BESAR, AYOJAKARTA.COM - Pemerintah telah menetapkan hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada Minggu 24 Mei 2020. Penetapan itu berdasarkan Sidang Isbat oleh Kementerian Agama yang dipimpin langsung Menteri Agama Fachrul Razi.

"Sidang Isbat secara bulat menyatakan 1 Syawal jatuh pada ahad 24 Mei 2020. Mudah-mudahan dengan sidang isbat ini, umat Islam di Indonesia merayakan hari raya secara bersama-sama. Ini simbol kebersamaan umat," kata Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, Jumat (22/5/2020).

Menurut Fachrul, sidang Isbat diawali dengan laporan pemantauan hilal. Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi di bawah ufuk antara -5 derajat 17 menit sampai dengan -3 derajat 58 menit.

AYO BACA : Ingin Desain Sendiri Kartu Ucapan Lebaran, Ini 4 Aplikasinya

"Ini adalah posisi hilal berdasarkan hisab. Posisi ketinggian hilal di bawah ufuk. Ini sebuah metode untuk menentukan posisi ketinggian hilal sehingga apakah hilal bisa dilihat atau tidak," jelasnya.

Dia menambahkan, penetapan 1 Syawal dilakukan oleh Kementerian Agama setelah berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan organisasi msyarakat (Ormas) Islam di Indonesia.

"Dalam melaksanakan sidang Isbat Kementerian Agama selalu menggunakan dua metode, yakni hisab dan rukiyat. Dua metode ini saling melengkapi dan sama pentingnya," jelasnya.

AYO BACA : 15 Panduan Ibadah Ramadan dari Kemenag di Tengah Pandemi Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar