Yamaha

Yuk, Bikin Sagu Keju Lumer untuk Meriahkan Lebaran di Rumah Aja

  Sabtu, 23 Mei 2020   Aldi Gultom
Kue sagu keju lumer (Dok. Tintin Rayner)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Hari Raya Lebaran tinggal hitungan jam. Namun, berhubung situasi pandemi, aktivitas perayaan terpaksa hanya berpusat di rumah sendiri. 

Meski begitu, hari raya harus tetap membawa kegembiraan. Untuk mengisi kebersamaan dengan keluarga di rumah, enggak ada salahnya mencoba memasak atau membuat kue bersama.

Untuk kamu para pemula, pilihan kue yang lumayan cepat dan mudah untuk dibuat di hari raya ini adalah aneka kue kering. Tentu ada aneka kue kering yang enak dijadikan kudapan selama berhari raya. 

Kali ini, redaksi mengajak kamu untuk mencoba membuat kue sagu keju yang teksturnya lembut, lumer di mulut dengan dominasi rasa keju yang nikmat.

Dikutip dari buku Simple & Moist Cake karya Tintin Rayner, ini adalah resep sagu keju lumer yang pasti disukai seluruh keluarga.

Bahan: 
200 gram tepung sagu
70 gram gula halus
75 gram keju parut
1 butir kuning telur
30 gram margarin
70 gram salted butter
30 ml santan kental instan

Taburan: keju parut

Cara membuat:
1. Sangrai tepung sagu sampai terasa kering dan ringan, angkat, tunggu sampai uap hilang, sisihkan.
2. Panaskan oven 150 derajat celcius
3. Kocok dengan mixer margarin, butter, dan gula sekitar 2 menit. Masukkan kuning telur, mixer rata, lalu masukkan santan, mixer kembali sampai rata. Matikan mixer.
4. Terakhir, masukkan keju parut dan tepung sagu yang sudah diayak. Aduk memakai spatula sampai rata.
5. Masukkan adonan dalam penyakit dalam plastik segitiga lalu semprotkan di atas loyang yang sudah dioles margarin atau dialasi kertas roti. Taburi topping.
6. Panggang selama 30 menit atau sampai keemasan renyah. Tunggu sampai uap hilang baru boleh masuk stoples.

Tipsnya, kalau ingin kue sagu keju lumer bikinanmu bertektstur lebih kokoh, perbandingan margarin bisa dibuat lebih tinggi dari resep di atas. Tepung disangrai supaya kukis lebih renyah dan garing. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar