Yamaha

Kota Tua Ditutup, Satpol PP Kerepotan Atasi Kerumunan Warga dan PKL di Kali Besar

  Senin, 25 Mei 2020   Aldi Gultom
Suasana Kali Besar Kota, Tamansari, Jakarta Barat, di masa penerapan PSBB DKI Jakarta. (Liputan6/Helmi Fithriansyah)

TAMANSARI, AYOJAKARTA.COM -- Satpol PP Jakarta Barat sempat kewalahan mengatasi kerumunan warga di kawasan Kali Besar, Jalan Kali Besar Timur, Minggu (24/5/2020) malam.

Kerumunan di sana terjadi karena penutupan sementara kawasan wisata Kota Tua, Tamansari, selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Keramaian mulai terjadi pada pukul 20.00 WIB. Pengunjung yang berkumpul di Kali Besar terdiri dari para remaja hingga keluarga-keluarga yang membawa anak-anak. Ada juga para pedagang kaki lima (PKL). 
                               
Pengunjung dan PKL banyak berkerumun di sekitar Jembatan Merah menghabiskan Lebaran hari pertama. Mayoritas dari mereka tidak menggunakan masker sama sekali.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Barat, Tamo Sijabat mengakui bahwa kerumunan warga dan PKL sempat dibubarkan pukul 19.00 WIB. Namun, masih banyak warga dan PKL yang nekat datang. 

Pada pukul 21.00 WIB, anggota Satpol PP Kecamatan Tamansari kembali membubarkan kerumunan warga dan PKL, sembari mengingatkan Jakarta masih dalam masa PSBB.
                               
"Masih banyak warga dan PKL yang nekat datang, tapi akhirnya dihalau kembali ke rumah mereka masing-masing," ujar Tamo.
                               
Pihaknya mengintensifkan patroli PSBB di Kota Tua, Tamansari. Tamo tegaskan, patroli Satpol PP dari tingkat kota dan dari Kecamatan Tambora dan Tamansari akan lebih sering dilakukan di Kota Tua.

Tamo juga mengatakan akan menambah anggota untuk menjalankan pemantauan PSBB di kawasan wisata tersebut karena masih banyak warga berkerumun dan mengabaikan aturan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

"Personelnya ditambah, patrolinya lebih sering," jelas Tamo.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar