Yamaha

Simak, Panduan Kerja New Normal dari Kemenkes

  Senin, 25 Mei 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Kementerian Kesehatan menerbitkan panduan kerja pada masa new normal (dok shutterstock)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Istilah 'the new normal' atau normal baru di tengah pandemi Covid-19 sering terdengar belakangan ini. New normal merupakan perubahan perilaku menjalankan aktivitas normal dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan panduan kerja pada masa new normal saat ini. Salah satunya, perusahaan diminta untuk tidak menerapkan kerja lembur bagi para pekerja.

AYO BACA : Sosiolog: Konsep New Normal Tidak Mudah Diterima Masyarakat Indonesia

Panduan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Pelaku dunia usaha harus mengikuti panduan tersebut dalam menjalankan usaha di tengah masa Pandemi. Panduan ini diciptakan agar para karyawan tetap produktif dan terhindar dari penyebaran Covid-19.

AYO BACA : Konsep The New Normal Harus Mendarah Daging

Adapun jika perusahaan yang tetap menjalankan usaha di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus melakukan ketentuan berikut.

Pertama, perusahaan wajib melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermogun, dan sebelum masuk kerja terapkan Self Assessment Risiko Covid-19 untuk memastikan pekerja yang akan masuk kerja dalam kondisi tidak terjangkit Covid-19.

Kedua, perusahaan diharapkan tak menerapkan lembur kerja kepada para karyawan. Hal ini, agar para karyawan mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat, sehingga bisa menjaga sistem imunitas tubuh.

Ketiga, perusahaan juga diminta agar tak menerapkan kerja shift 3 di mana waktu kerja yang dimulai pada malam hingga pagi hari. Jika terpaksa menerapkan shift 3, maka penerapan sistem kerja itu berlaku pada karyawan kurang dari 50 tahun.

Terakhir keempat, tak lupa perusahaan juga harus mewajibkan para karyawan selalu menggunakan masker sejak perjalanan dari atau ke rumah, dan selama di tempat kerja.

AYO BACA : Hipmi Dorong BUMN Jadi Pelopor Era Normal Baru, Tetap Disiplin Aturan COVID-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar