Yamaha

Tak Penuhi Ketentuan, Mayoritas Permohonan SIKM Ditolak

  Selasa, 26 Mei 2020   Khoirur Rozi
Sebagai ilustrasi SIKM

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengungkapkan, mayoritas permohonan surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta ditolak. Hal itu lantaran pemohon tidak memenuhi ketentuan verifikasi administrasu dan teknis perizinan.

"67,5% dari total permohonan SIKM, kami tolak/ tidak disetujui, pada umumnya karena tidak memenuhi ketentuan substansial," kata Benni dalam keterangannya, Selasa (26/5/2020).

AYO BACA : Permohonan SIKM Jakarta Melonjak, Layanan Live Chat Dibuka Pukul 07.30 - 22.00 WIB

Benni mencontohkan, banyak pemohon ber-KTP Jabodetabek yang mengajukan SIKM untuk bepergian sesuai dengan 11 sektor yang diizinkan. Permohonan ditolak lantaran dalam warga ber-KTP Jabodetabek dengan sektor tersebut tidak perlu mengurus SIKM.

Kemudian, banyak juga pemohon yang mengajukan izin untuk keluar Jabodetabek untuk bersilaturahmi. Hal ini menurutnya tidak masuk kegiatan yang diizinkan selama pembatasan sosial berskala besar di Jakarta.

AYO BACA : Anies Siapkan 10 Titik Penjagaan untuk Pemeriksaan SIKM di Jakarta

"Jelas kedua jenis permohonan tersebut kami tolak. Pemohon kami sarankan untuk tetap berada di rumah dan mengikuti protokol pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19, dan mentaati peraturan perundangan terkait pelaksanaan PSBB di wilayah Provinsi DKI Jakarta," jelasnya.

Benni menuturkan, terjadi lonjakan pemohon pada layanan permintaan informasi dan konsultasi. Tercatat hingga hari ini ada 4.244 permohonan permintaan informasi terkait SIKM.

"Sejak perizinan SIKM dibuka, kami telah melayani total 4.244 permohonan permintaan informasi, konsultasi dan penyuluhan daring terkait persyaratan, mekanisme pelayanan, dasar hukum, definisi dan tata cara atau prosedur perizinan SIKM," ujar Benni.

Untuk diketahui, sebanyak 6.347 permohonan SIKM telah diterima DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta. Angka tersebut berdasarkan data yang masuk sejak 15 Mei hingga 26 Mei pukul 09.06 WIB.

AYO BACA : Sampai Hari Pertama Lebaran Ada 3.493 Permohonan SIKM Jakarta yang Ditolak

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar