Yamaha

Anies Akan Jelaskan Protokol Kesehatan Era Normal Baru Setelah PSBB Berakhir

  Selasa, 26 Mei 2020   Khoirur Rozi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. instagram: @aniesbaswedan

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bakal mengumumkan protokol kesehatan ketika memasuki era new normal. Dia tengah menyiapkan protokol di setiap sektor yang akan kembali beroperasi.

AYO BACA : Anies Siapkan 10 Titik Penjagaan untuk Pemeriksaan SIKM di Jakarta

\"Mudah-mudahan tanggal 4 Juni nanti menjadi masa akhir PSBB. Lalu kita bisa mulai transisi normal baru. Nanti akan kita umumkan protokol-protokol di setiap sektor, dari mulai protokol kegiatan perekonomian, peribadatan, sosial, budaya. Sehingga kita bisa menjalani kehidupan baru kita sambil mencegah penularan Covid-19,\" kata Anies di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

AYO BACA : Ini Daftar 60 Mal di Jakarta yang Beroperasi 5 Juni

Menurut Anies, setelah PSBB berakhir maka masyarakat akan menjalani aktivitas normal di tengah pandemi Covid-19. Namun, dia kembali menegaskan PSBB diperpanjang atau tidak tergantung kepada perilaku masyarakat.

“Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak sebenarnya bukan pemerintah atau para ahli, tapi perilaku masyarakat di wilayah PSBB. Bila masyarakat memilih taat, maka PSBB bisa berakhir. Bila tidak, ya terpaksa PSBB harus diperpanjang,” jelasnya.

Sebelumnya, Anies mengungkapkan bahwa 60% warga DKI Jakarta mengikuti anjuran untuk beraktivitas di rumah. Kedisiplinan ini berdampak kepada angka penularan atau reproduction number Covid-19 turun pada periode April sampai Mei 2020.

Dia mencatat, pada Maret lalu reproduction number berada di angka 4. Kemudian, pada pertengahan April sampai Mei angka tersebut turun menjadi 1,11.

AYO BACA : Peringatan WHO, Gelombang II Pandemi COVID-19 di Akhir Tahun

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar