Yamaha

Kembangkan Jaringan 6G, Xiaomi Setop Produksi Ponsel 4G pada Akhir Tahun

  Kamis, 28 Mei 2020   Budi Cahyono
[ilustrasi] Akhir tahun Xiaomi akan menyetop produksi ponsel 4G. (dok)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Xiaomi akan mengembangkan penelitian jaringan 6G dan pembuatan internet berbasis satelit.

Saat ini sebagian besar produk yang mereka luncurkan di Tiongkok, sudah mendukung jaringan 5G. Terkait hal ini, CEO Xiaomi Lei Jun angkat bicara.

AYO BACA : Ini 3 Browser Xiaomi yang Dimutakhirkan

Dalam sebuah wawancara bersama Xinhua, Lei Jun mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya memang sengaja mengurangi produksi ponsel 4G.

Bahkan pada akhir tahun ini, Xiaomi diharapkan sudah tidak membuat lagi ponsel dengan jaringan telekomunikasi generasi keempat itu dan beralih mengembangkan penelitian jaringan 6G dan pembuatan satelit.

AYO BACA : Intip Penampakan Redmi 10X

Sebagai gantinya, seluruh ponsel besutan Xiaomi dan Redmi yang meluncur pada tahun depan ditargetkan sudah mengadopsi teknologi 5G.

Menurutnya, 5G akan merevolusi industri karena akan banyak diaplikasikan dalam konferensi video 4K / 8K, cloud gaming (streaming game), kendaraan otonom, dan kegiatan otomatisasi lainnya.

Demi mencapai target tersebut, lanjut Lei Jun, Xiaomi dan Redmi diarahkan untuk membuat perangkat berbasis 5G agar bisa lebih cepat beradaptasi.

Sayangnya, dilansir laman Gizmochina, Kamis (28/5/2020), wabah Covid-19 di Tiongkok sangat memengaruhi rantai pasokan perusahaan. Bahkan, pandemi ini memaksa Xiaomi untuk melakukan subsidi senilai 250 juta yuan atau lebih dari Rp516 miliar kepada manufaktur pembuat ponsel Xiaomi untuk meningkatkan produksi ponsel 5G.

Selain itu, Xiaomi juga akan berinvestasi lebih dan fokus untuk mengembangkan ekosistem AIoT yang terkoneksi dengan jaringan 5G.

AYO BACA : Samsung Galaxy M11 Meluncur dengan Harga Rp2 Jutaan, Ini Spesifikasinya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar