Yamaha

Bantahan Disdik DKI: Sekolah Dibuka Kembali Setelah Kondisi Benar-benar Aman

  Kamis, 28 Mei 2020   Khoirur Rozi
Ilustrasi anak-anak sekolah. (Pixabay.com)

MAMPANG PRAPATAN, AYOJAKARTA.COM -- Dinas Pendidikan DKI Jakarta membantah kabar kegiatan belajar-mengajar akan kembali dibuka normal pada 13 Juli 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, mengungkapkan, tahun ajaran baru telah ditetapkan pada 13 Juli 2020. Hal ini mengacu kepada Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nomor 467/2020 tentang kalender pendidikan tahun pelajaran 2020/2021.

Namun, pembukaan tahun ajaran baru bukan berarti membuka aktivitas sekolah secara normal. Menurut Nahdiana, kegiatan belajar-mengajar di sekolah baru dibuka setelah kondisi wabah COVID-19 benar-benar aman.

"Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada permulaan tahun pelajaran baru tersebut bukan merupakan pembukaan kembali sekolah. Pembukaan sekolah akan dilakukan setelah situasi dan kondisi dinyatakan aman dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," jelas Nahdiana dalam keterangan tertulis, Kamis (28/5/2020).

AYO BACA : Curhat Orang Tua Jika Anaknya Kembali Bersekolah: Saya Amat Tidak Setuju

Lebih lanjut dia menekankan, dimulainya tahun ajaran baru tak berarti siswa harus belajar secara tatap muka di ruang kelas sekolah. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga merupakan kriteria kegiatan sekolah.

"Perlu dipahami oleh publik secara umum dan para orang tua siswa pada khususnya bahwa kegiatan sekolah itu bukan hanya yang dilakukan dalam bentuk tatap muka di area bangunan sekolah. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga masuk dalam kriteria kegiatan sekolah," jelasnya.

Kemudian, terkait perubahan tahun ajaran baru, Nahdiana menyebut hal itu menjadi kewenangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

"Perubahan Awal Tahun Pelajaran Baru dapat dilakukan bila ada kebijakan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengingat kondisi pandemi COVID-19 belum berakhir," ujarnya.

AYO BACA : Orang Tua Bikin Petisi Minta Mas Nadiem Tunda Anak Masuk Sekolah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar