Yamaha

Ini Aturan Naik KRL Era New Normal

  Kamis, 28 Mei 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi menjaga jarak di sarana transportasi umum/ Suara.com

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba dalam keterangan persnya mengatakan akan ada banyak aturan baru bagi petugas dan penumpang kereta rel listrik (KRL). Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan skema pelaksanaan era The New Normal.

Aturan yang akan diterapkan di antaranya, wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun dan di dalam KRL, pemeriksaan suhu tubuh penumpang, penggunaan handsanitizer, serta cuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

"Serta penerapan physical distancing atau jaga jarak sesuai dengan marka-marka yang ada di area stasiun dan di kereta," ujar nya, Kamis (28/5/2020).

Anne melanjutkan, penumpang juga dihimbau agar tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon seluler.

AYO BACA : Penyekat Akan Dipasang di Peron dan Kereta KRL

Sebab, salah satu penularan Covid-19 melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran mulut dan hidung saat batuk, bersin, maupun berbicara. 

"Untuk semakin memungkinkan kondisi jaga jarak ini, pada waktu-waktu tertentu saat padat pengguna, akan ada penyekatan di sejumlah titik stasiun sehingga jumlah orang yang berada di peron dan di dalam kereta dapat terkendali. Bila diperlukan, petugas juga melakukan buka tutup pintu masuk stasiun," kata Anne. 

Selain itu, Anne meminta, penumpang menghindari jam-jam sibuk saat ingin menggunakan KRL, sehingga bisa menghindari antrean.

"Memasuki era new normal, tentu akan semakin banyak masyarakat yang kembali beraktivitas. Namun kalau memungkinkan sebaiknya tetap bekerja dari rumah. Untuk meminimalisasi risiko, hanya keluar rumah dan gunakan transportasi publik untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak," imbuhnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar