Yamaha

Ini 11 Indikator Kesehatan agar Masyarakat Bisa Kembali Beraktivitas Normal

  Sabtu, 30 Mei 2020   Khoirur Rozi
[ilustrasi] 11 indikator kesehatan masyarakat agar bisa kembali hidup normal. (dok)

JAKARTA TIMUR, AYOJAKARTA.COM -- Ada 11 indikator untuk menentukan suatu daerah bisa beraktivitas kembali setelah pandemi Covid-19. Indikator kesehatan masyarakat ini menggunakan data sebagai acuan dasar.

"Dalam menentukan suatu daerah itu bisa kembali kepada aktivitas ekonomi yang produktif dan aman Covid-19 digunakan indikator kesehatan masyarakat berbasis data," kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (30/5/2020).

AYO BACA : Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah 557 Kasus dalam 24 Jam

Menurut Wiku, indikator kesehatan tersebut sesuai dengan rekomendasi yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO). Sebelas indikator itu digunakan Indonesia dalam memantau perkembangan virus Covid-19.

"Sesuai rekomendasi WHO kami menggunakan pendekatan atau kriteria epidemiologi survilance kesehatan masyarakat serta pelayanan kesehatan," ujarnya.

AYO BACA : Jakarta Masuk 5 Provinsi Tertinggi Kasus Covid-19

Adapun kesebelas indikator itu adalah penurunan jumlah kasus positif selama 2 minggu sejak puncak terakhir, penurunan jumlah kasus probable selama 2 minggu sejak puncak terakhir, penurunan jumlah meninggal dari kasus positif, penurunan jumlah meninggal dari kasus probable.

"Penurunan jumlah kasus positif yang dirawat di rumah sakit, penurunan jumlah kasus probable yang dirawat di rumah sakit," lanjut Wiku.

Kemudian, indikator lainnya adalah kenaikan jumlah sembuh dari kasus positif, kenaikan jumlah selesai pemantauan dari probable (ODP dan PDP), jumlah pemeriksaan spesimen meningkat selama dua minggu, positivity rate di bawah 5 persen (dari seluruh sampel yang positif hanya 5 persen), dan Rt atau angka reproduksi penularan efektif di bawah 1.

AYO BACA : Keluar Masuk Jakarta Tanpa SIKM, 4 Tukang Nasi Goreng Asal Tegal Diisolasi di Lenteng Agung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar