Yamaha

Ratna dan Nino, Orangutan Sumatera Menyapa Penggemar Satwa

  Minggu, 31 Mei 2020   Fitria Rahmawati
Nino dan Ratna menemani liburan virtual yang ditayangkan dari Kebun Binatang Ragunan Jaksel/ instagram: @ragunanzoo

RAGUNAN, AYOJAKARTA.COM - Ratna dan Nino menyapa para penggemar satwa dari Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan pagi tadi, Minggu (31/5/2020). Melalui konsep wisata virtual yang ditayangkan melalui Instragram resmi milik Ragunan @ragunanzoo itu, mengulik kehidupan kedua satwa menggemaskan tersebut.

Dalam penayangannya, penonton diajak berkenalan dengan satwa koleksi Kebun Binatang Ragunan tersebut. Selain mengenal nama-namanya, juga mengetahui makanan kesukaannya.

Pengunjung wisata virtual juga bisa berinteraksi melalui pertanyaan di Instastory Ragunan lalu akan dijawab oleh penjaga satwa secara langsung. Misalnya, apa saja menjadi kesukaan satwa tersebut, bagaimana kesehariannya di habitat aslinya, dan umurnya.

AYO BACA : Libur Natal, Transjakarta Gratiskan Layanan ke Kebon Binatang Ragunan

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan, Ketut Widarsana mengatakan tur visual satwa Ragunan ini merupakan yang keempat kalinya diadakan. Pertama pada 10 Mei 2020 menampilkan Gajah Sumatera bernama Pangeran Lestari Mulyani.

Tur visual selanjutnya diadakan 17 Mei 2020 bersama dua harimau Sumatera bernama Hana dan Tino. Dan 21 Mei 2020 bersama keluarga Siamang bernama Zulkarnain dan Nia serta Janu anaknya.

"Awalnya tur visual ini dirancang secara periodik setiap Minggu, tapi karena pekan kemarin bertepatan dengan Idulfitri, maka kita majukan di hari Kamis," kata Ketut.

AYO BACA : Libur Nyepi Ragunan Diserbu Warga

Ketut menambahkan, fasilitas wisata virtual ini diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat yang ingin berwisata selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di rumah saja.

Saat ini Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi satwa mencapai 2.800 ekor lebih. Mulai dari satwa berukuran kecil, sedang hingga besar seperti gajah, harimau dan jerapah.

Selama pandemi Covid-19, layanan wisata Ragunan ditutup oleh Pemerintah DKI Jakarta terhitung mulai 14 Maret 2020 hingga kini. Selama ditutup, satwa-satwa koleksi Ragunan tetap dirawat dan periksa kondisi kesehatannya setiap saat, serta dipenuhi kebutuhan pakannya sehingga kondisinya terus terjaga dengan baik.

Wisata virtual tersebut juga bisa disaksikan ulang melalui Instagram TV yang ditayangkan di akun instagram tersebut.

AYO BACA : Ragunan Tutup pada Hari Pertama Idulfitri

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar