Yamaha

4 Manfaat Berkeringat bagi Tubuh

  Selasa, 02 Juni 2020   Budi Cahyono
Ilustrasi perempuan berkeringat. (Shutterstock)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Tubuh berkeringat adalah hal yang alamiah bagi semua manusia. Namun, ada sebagian yang merasa tidak nyaman karena keringat.

Berkeringat ternyata bermanfaat bagi tubuh, lho. Dengan berkeringat, tubuh bisa mengatur suhu tubuh dan mencegah panas yang berlebihan.

Dikutip dari AsiaOne, ada 4 manfaat berkeringat yang bisa kita dapatkan, dan tentu saja baik untuk tubuh.

1. Membuang racun

AYO BACA : 4 Langkah Sederhana Hilangkan Lemak Perut

Hati dan ginjal merupakan dua organ tubuh utama yang bertugas untuk membuang racun dalam tubuh, dibantu dengan keringat.

Sebuah studi kecil menemukan bahwa banyak elemen racun yang diekskresi dari tubuh melalui keringat. Dan studi lainnya mengungkapkan bahwa tubuh kita bisa menyingkirkan sejumlah senyawa racun seperti arsenik, melalui kulit sama seperti saat membuangnya melalui ekskresi urine.

2. Menurunkan berat badan

Meski tidak secara langsung, berkeringat bisa membantu kita menurunkan berat badan. Berkeringat membuat beban cairan dalam tubuh kita berkurang.

AYO BACA : Rahasia Tetap Cantik dan Bugar ala Cut Memey

Apalagi jika ditambah dengan menjalani aktivitas yang membuat tubuh Anda panas dan berkeringat yang sudah menjadi sarana pembakar kalori yang baik.

3. Menyehatkan tubuh

Berkeringat dan mengonsumsi vitamin C adalah cara terbaik untuk melawan bakteri dan kuman dari tubuh. Keringat mengandung agen antibiotik alami yang disebut dermcidin.

Dermcidin disekresikan oleh kelenjar keringat dan membantu melawan patogen yang efektif seperti bakteri tuberculosis dan staphylococcus, demikian menurut riset yang dilakukan University of Edinburgh.

4. Menyehatkan kulit

Keringat ternyata bisa menyehatkan kulit, lho. Saat Anda berkeringat, pori-pori Anda membuka dan bisa 'mencuci bersih' kotoran di permukaan kulit.

Di sisi lain, keringat bisa menjadi masalah apabila bercampur dengan kotoran terlalu lama di kulit. Usaplah keringat berlebih dan mandi segera setelah berolahraga.

AYO BACA : Mitos Keliru tentang Hipertensi, Kamu Harus Tahu!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar