Yamaha

1.490 Calhaj dari Kabupaten Tasikmalaya Batal Pergi Haji

  Selasa, 02 Juni 2020   Editor
Calon jemaah haji dari Kabupaten Tasikmalaya

SINGAPARNA, AYOJAKARTA.COM -- Sebanyak 1.490 calon jemaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya batal berangkat tahun ini ke Tanah Suci.  

Kasubag Tata Usaha Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Suryana mengatakan, berdasarkan video conference pembahasan tentang haji antara Menteri Agama Fachrul Razi dengan Kemenag seluruh Indonesia bahwa ibadah haji 1441 Hijriyah atau 2020 ditunda. 

"Jadi syarat istitoahnya tidak terpenuhi atau sulit dilakukan, pertama dari aspek keamanan diri atau pemberangkatan. Kedua aspek kesehatan, karena di Mekkah tetap akan dilaksanakan social distancing, physical distancing dan protokol COVID-19 lainnya," papar Suryana dilansir Ayotasik.com, Selasa (2/6/2020).

Suryana menambahkan, keutamaan dalam ibadah haji tidak akan terpenuhi rukun dan syaratnya jika physical distancing dilaksanakan. Seperti contoh dalam ibadah tawaf atau lempar jumroh, kemudian wakaf tidak bisa dilaksanakan sendiri-sendiri. Sebab tenda yang tersedia di sana terbatas. 

"Maka dengan melihat kondisi seperti ini, dari aspek keamanan, kesehatan tidak terjamin. Mungkin jemaah asal Indonesia bisa sampai 120-130 ribu jemaah terbatas tetapi ini menyangkut dunia, jemaah dari mana-mana, di tengah wabah COVID-19 ini maka tidak memenuhi syarat dalam pelaksanaan ibadah haji," ujar Suryana.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar