Yamaha

PSBB Segera Berakhir, Ganjil Genap DKI Jakarta Akan Diberlakukan

  Selasa, 02 Juni 2020   Fitria Rahmawati
Petugas kepolisian mengamankan kendaraan roda empat di kawasan perluasan ganjil genap Jalan Majapahit, Jakarta, Senin (9/9/2019). Foto: Thoudy Badai
JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penerapan sistim ganjil-genap di Jakarta akan kembali diberlakukan setelah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta berakhir.
 
Rencananya, masa PSBB DKI Jakarta akan berakhir 4 Juni lusa. Selama ini sejak diberlakukan PSBB hingga tahap III, sistim ganjil-genap ditiadakan.
 
"Ganjil-genap nanti berlaku setelah PSBB berakhir," kata Sambodo, Selasa (2/6/2020).
 
Sambodo menuturkan, pihak kepolisian akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sebelum kembali menerapkan kebijakan ganjil genap. Meski demikian, dia tidak memungkiri bahwa hari ini terjadi peningkatan jumlah kendaraan di sejumlah wilayah Ibu Kota.
 
"Memang hari ini mulai ada peningkatan volume arus lalu lintas. (Ganjil-genap berlaku) kalau nanti (PSBB) enggak diperpanjang. Kita akan bicarakan dengan instansi terkait," ujar Sambodo.
 
Sementara itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar menyebut, hari ini terjadi peningkatan kepadatan arus lalu lintas di dalam wilayah DKI Jakarta sebesar empat persen. Menurut dia, peningkatan ini dapat menjadi bahan evaluasi sebelum menerapkan kembali kebijakan ganjil genap.
 
"Kalau peningkatan dalam kota, naiknya enggak terlalu signifikan, hanya sekitar 4 persen ini di dalam kota, sekitar 4% naiknya," ungkap Fahri.
 
Dia menjelaskan, evaluasi itu nantinya akan melibatkan instansi terkait. Pelaksanaan evaluasi itu dilakukan setelah masa PSBB berakhir .
 
"Iya, jadi nanti setelah berakhir 4 Juni, akan kami evaluasi dan koordinasi dengan rekan-rekan Dishub DKI. Kami observasi lagi," papar Fahri.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar