Yamaha

Empat Keluarga Kembali dari Mudik Tanpa SIKM Diisolasi di Zona Hijau Tanjung Priok

  Selasa, 02 Juni 2020   Aldi Gultom
Stiker khusus untuk rumah pemudik yang keluar masuk DKI Jakarta tanpa SIKM. (Antara)

TANJUNG PRIOK, AYOJAKARTA.COM --  Empat keluarga yang baru kembali dari mudik jalani isolasi mandiri karena lolos masuk DKI Jakarta tanpa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Empat keluarga ini tinggal di Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, yang termasuk zona hijau COVID-19 di Jakarta Utara.

Lurah Papanggo, Maryono, menjelaskan, mereka diketahui keluar masuk Jakarta tanpa SIKM berkat informasi Gugus Tugas tingkat RW.

Maryono mendapat informasi bahwa empat keluarga tersebut merayakan Idulfitri di kampung halaman masing-masing yaitu di daerah Solo dan Madura. Mereka baru tiba di Jakarta pada Sabtu (30/5/2020) dan Minggu (31/5/2020).  

"Begitu dapat informasi dari pengurus RT dan RW langsung kita proses. Kami minta yang bersangkutan agar melakukan rapid tes dan isolasi mandiri selama 14 hari," kata Maryono, Selasa (2/6/2020).

Sebelum menjalani isolasi, mereka diwajibkan melakukan rapid test untuk memastikan mereka bukan pembawa dan penular virus corona ke warga lain di wilayahnya.

Selain melakukan pemasangan stiker di rumah mereka, Maryono juga meminta jajaran Gugus Tugas tingkat RW mengawasi empat keluarga itu agar tetap mematuhi isolasi mandiri. Warga sekitar tempat tinggal mereka juga diminta membantu memenuhi kebutuhan harian empat keluarga itu agar mereka tidak perlu berbelanjang ke luar rumah.

"Isolasinya dilakukan selama 14 hari. Terpaksa kami akukan ini demi mengantisipasi penyebaran pandemi dan Papanggo tetap zona hijau," kata Maryono.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar