Yamaha

Tanpa SIKM, 18.708 Pengendara Diputarbalikkan

  Selasa, 02 Juni 2020   Fitria Rahmawati
Ilustrasi, ratusan kendaraan terjebak macet di ruas tol Jakarta-Cikampek KM 35, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (30/5). [Suara.com/Arief Hermawan P]
JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengaku ada 18.708 kendaraan bermotor yang berupaya keluar masuk Jakarta namun diputarbalikkan arah. Mereka akan masuk dan keluar DKI Jakarta lantaran tak mengantongi surat izin keluar masuk Jakarta (SIKM).
 
Data tersebut, kata Yusri, terhitung dari 27 Mei hingga 1 Juni. Pihaknya terus melakukan penyekatan di 20 titik pos pemeriksaan SIKM yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Tangerang.
 
Sebanyak sembilan titik pos pemeriksaan berada di wilayah Jakarta dan merupakan penyekatan lapis pertama. Kemudian ada 11 pos penyekatan lapis kedua yang berada di wilayah yang berbatasan dengan Jakarta.
 
Sebanyak 11 pos pemeriksaan itu merupakan akses masuk utama kendaraan dari daerah ke Jakarta, dengan sebaran di wilayah Kabupaten Bogor sebanyak empat titik, Kabupaten Bekasi sebanyak empat titik, dan Kabupaten Tangerang tiga titik.
 
"Penyekatan dilakukan di 20 titik pos pemeriksaan SIKM yang tersebar di wilayah Jakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Tangerang," ujarnya.
 
Lebih jauh Yusri mengungkapkan pengendara yang melewati pos pemeriksaan SIKM di luar wilayah Jakarta, paling banyak tercatat di wilayah Kabupaten Tangerang yaitu sebanyak 7.571 kendaraan, Selanjutnya di Kabupaten Bogor sebanyak 2.779 kendaraan dan di Kabupaten Bekasi sebanyak 2.423 kendaraan.
 
Pengendara yang terjaring dan diputar-balik di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan tercatat sebanyak 3.637 kendaraan. Selain diputar balik dan tidak boleh masuk ke Jakarta, petugas juga memberikan opsi kepada pengendar atau penumpang di dalam kendaraan tersebut untuk dikarantina atau diisolasi selama 14 hari di tempat yang disediakan pemerintah

AYO BACA : Tanpa SIKM, 14.500 Kendaraan Ditolak Jakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar