Yamaha

Selesai Ditata, Dishub DKI Lakukan Uji Coba Kawasan Stasiun Tanah Abang

  Selasa, 02 Juni 2020   Khoirur Rozi
Pemprov DKI Jakarta telah menyelesaikan penataan kawasan sejumlah stasiun . Setelah selesai, uji coba dilakukan di empat stasiun secara bertahap. (Dok. Humas Pemprov DKI)

TANAH ABANG, AYOJAKARTA.COM -- Pemprov DKI Jakarta telah menyelesaikan penataan kawasan sejumlah stasiun di Ibu Kota. 

Setelah selesai, uji coba dilakukan di empat stasiun secara bertahap. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan, fase uji coba ini sudah dilakukan sejak 11 Maret di Stasiun Juanda. Pada hari ini, uji coba dilakukan di Stasiun Tanah Abang. Selanjutnya, uji coba dilaksanakan di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Sudirman.

"Pelaksanaan uji coba secara resminya dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB, namun secara teknis di lapangan operasional angkutan telah mulai sejak pukul 06.00 WIB," kata Syafrin dalam keterangan resminya, Selasa (2/6/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, uji coba ini dimaksudkan untuk memonitor konsep integrasi antar moda yang menjadi tujuan penataan kawasan stasiun. Usai monitoring, akan ada evaluasi agar saat penataan lebih optimal sebelum diresmikan.

"Keunggulan dari penataan kawasan stasiun ini, khususnya di Stasiun Tanah Abang, adalah integrasi di mana seluruh kegiatan naik-turun penumpang dilaksanakan di dalam area stasiun (area transit), sehingga tidak menimbulkan permasalahan lalu lintas di sekitarnya," jelasnya.

Penataan stasiun ini untuk mewujudkan integrasi transportasi antara pemerintah pusat dengan Pemprov DKI Jakarta. Penataan dilakukan dengan mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat.

Adapun fasilitas stasiun yang dibangun di antaranya area antar-jemput ojek online dan konvensional, tempat pemberhentian sementara (lay-by) Bajaj, plaza pedestrian untuk pejalan kaki, halte Bus Transjakarta sebagai fasilitas integrasi, dan perlengkapan transit.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar