Yamaha

Hastag #BlackLivesMatter Diblokir TikTok?

  Selasa, 02 Juni 2020   Fitria Rahmawati
MusisiLana Del Rey ikut mengecam kematian George Floyd lewat unggahannya di Instagram. Hastag #blacklivesmatter ramai di semua platform media sosial/ @lanadelrey
AYO BACA : Wali Kota Minneapolis Kecam Tindakan Polisi yang Cekik George Floyd

AYO BACA : Penangkapan George Floyd Penuh Tindakan Rasis, Kerusuhan Pecah di Amerika

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Kematian George Floyd menjadi momentum besar untuk mengakhiri segala bentuk diskriminasi terhadap warga kulit hitam di seluruh dunia. Floyd meninggal saat ditangkap karena polisi berkulit putih menindih lehernya dengan lutut hingga tewas.
 
Berbagai aksi dilakukan warga dunia, baik secara langsung atau berkampanye dalam jaringan (daring) menggunakan hastag #blacklivesmatter di semua platform. Namun, hastag tersebut janggal di aplikasi video musik TikTok.
 
Pengguna platform tersebut mengatakan tidak bisa menemukan hastag #blacklivesmatter di TikTok karena hanya muncul "0 tampilan" dalam pencarian. 
 
"TikTok memblokir tag #blacklivesmatter dan tag tunggal yang terkait dengan #GeorgeFloyd," tulis @revengejda dalam postingan Twitter. Tak lama, unggahan itu mendapat lebih dari 100 ribu likes.
 
Bagian komentar dengan cepat dibanjiri dengan kemarahan dari pengguna Twitter dan TikTok. Mereka mengatakan platform tersebut mendiskriminasi suara kulit hitam. 
 
"Akui saja platform Anda (TikTok) anti-hitam," tulis seorang komentator seperti dilansir laman Insider.
 
"Kami telah melihat hal-hal yang Anda promosikan dan hal-hal yang Anda hapus dari platform Anda. Anda anti-hitam."
 
TikTok pun menanggapi tuduhan yang viral di Twitter tersebut. TikTok mengatakan, pihaknya menyadari masalah yang berkaitan dengan tagar tersebut.
 
TikTok mengaku ada kesalahan teknis. Masalahnya sedang diselidiki dan tim pendukungnya dengan cepat akan mengatasi masalah ini.
 
TikTok juga merilis pernyataan di Twitter, menjelaskan bahwa ketidakakuratan penghitungan jumlah view adalah hasil dari kesalahan teknis yang secara luas memengaruhi jumlah view yang ditampilkan pada tagar di tahap unggah. Kesalahan teknis disebut telah membuat tampilan penghitungan view pada tagar terdampak sementara, tapi hanya di layar compose aplikasi.
 
Menurut TikTok, tagar, video, dan pencarian konten yang diunggah tidak terpengaruh oleh bug. Dalam tweet berikutnya, TikTok mengklarifikasi bahwa meskipun sejumlah tagar pada aplikasi telah terkena dampak kesalahan tersebut dan kesalahan yang mempengaruhi tagar #blacklivesmatter, memang menyakitkan.
 
"Kami menyadari bahwa itu sayangnya datang pada waktu yang menyakitkan bagi komunitas kulit hitam pada khususnya," tulis tweet itu .
 
"Kami sangat menghargai beragam suara di TikTok, dan kami mohon maaf atas kebingungan dan rasa sakit yang disebabkan oleh situasi ini."
 
Kicauan terus menerima kritik dari komentator yang menuduh platform menghapus video pencipta kulit hitam dan tidak responsif terhadap banding untuk pemulihan mereka.
 
Hari ini, Selasa (2/6/2020), hastag tersebut juga ikut diramaika pada platform Instagram. Para tokoh duna dan artis internasional mengunggah foto berwana hitam dengan tagar tersebut. Hingga pukul 20.00, sudah ada sekira 1,4 juta unggahan untuk mendukung keberadaan kaum kulit hitam di dunia.

AYO BACA : Trump Ancam Demonstran yang Kecam Tewasnya George Floyd

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar