Yamaha

Komentar Rasis Soal George Floyd, Miss Universe Malaysia Dikecam Warganet

  Rabu, 03 Juni 2020   Budi Cahyono
Samantha Katie James (instagram)

MALAYSIA, AYOJAKARTA.COM – Seorang ratu kecantikan asal Malaysia tengah menjadi sorotan dunia. Bukan kabar positif, namun berkaitan dengan rasisme terkait kematian George Floyd.

 Lewat media sosial Instagram, Samantha menyebutkan bahwa orang-orang kulit hitam di Amerika seharusnya bersikap "santai" alih-alih melakukan aksi protes.

Melansir World of Buzz, Samantha Katie James juga menyebutkan jika terlahir dengan kulit berwarna di AS adalah pilihan seseorang.

AYO BACA : Sering Dihujat, Ini Sumber Kekayaan Kekeyi!

Hal ini pun menuai kecaman warganet karena seseorang tidak bisa memilih warna kulit mereka saat lahir.

"Terimalah apa yang terjadi, sampai saat ini kelaparan dan kemiskinan masih ada. Ini tidak bisa dihindari. Lebih baik kau tetap tenang, lindungi hatimu agar tidak hancur. Itu tanggung jawabmu," tambahnya lewat Instagram stories

Samantha Katie James sebelumnya dikenal sebagai Miss Universe Malaysia 2017. Sebagai pemenang, dirinya ikut mewakili Malaysia di ajang Miss Universe 2017 di Las Vegas.

AYO BACA : Frozen III Memungkinkan Diproduksi

Sebelum itu, ratu kecantikan yang lahir pada 2 November 1994 ini  juga pernah mengikuti ajang Miss Universe Malaysia 2013 namun hanya sampai babak 8 besar.

Dalam unggahan Instagram miliknya, Samantha yang juga berprofesi sebagai aktris dan model ini juga sempat menyebutkan bahwa dirinya dilahirkan dari ibu keturunan Tiongkok, ayah dari Brasil, serta kakek nenek dari India.

Sehingga, menurut Samantha, isu rasisme adalah sesuatu yang juga sudah dia alami sejak kecil.

Di sisi lain, Miss Universe Malaysia Organisation (MUMO) telah menyatakan bahwa mereka tidak ingin diasosiasikan dengan Samantha Katie James.

MUMO juga menyatakan bahwa unggahan Samantha tersebut adalah sesuatu yang "tidak pantas, merendahkan, tidak bisa diterima, dan menyakiti".

Sementara, warganet Malaysia telah meminta agar MUMO menarik gelar Miss Universe 2017 milik Samantha hingga membuat petisi yang hingga kini telah ditandatangani 7.500 orang.

AYO BACA : Penuh Emosional, Istri dan Putri George Floyd Tuntut Keadilan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar