Yamaha

Hoaks, Kabar PSBB Jakarta Diperpanjang hingga 18 Juni

  Rabu, 03 Juni 2020   Khoirur Rozi
Hoaks, kabar PSBB Jakarta diperpanjang hingga 18 Juni (dok)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Pemprov DKI Jakarta belum memutuskan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang akan berakhir esok hari, 4 Juni 2020. Namun beredar salinan Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 412 Tahun 2020. Dalam Kepgub itu menyebutkan bahwa PSBB Jakarta diperpanjang hingga 18 Juni mendatang.

"Selama pemberlakuan PSBB dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta masih banyak ditemukan bukti kasus baru penyebaran Covid-19. Sehingga diperlukan perpanjangan Pemberlakuan Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta," demikian isi Kepgub tersebut. 

Namun, kabar tersebut diklarifikasi Pemprov DKI melalui situs Jakarta Lawan Hoaks atau Jala Hoaks. Kepgub tersebut merupakan aturan untuk PSBB tahap kedua, yakni 24 April sampai 7 Mei 2020. Kabar yang telah dimuat beberapa media itu pun disebut disinformasi.

"Link Pemberitaan mengenai Gubernur Anies Baswedan kembali Perpanjang PSBB hingga 18 Juni, melalui media sosial adalah tidak benar. Hingga saat ini Pemprov. DKI Jakarta belum menetapkan dan mengumumkan kebijakan terbaru terkait Perpanjangan PSBB di Provinsi DKI Jakarta," tulis Pemprov DKI di situs tersebut.

Pemprov DKI juga memberitahukan bahwa pengunuman status PSBB Jakarta akan disampaikan secara resmi oleh Gubernur Anies Baswedan. "Pengumuman terkait hal tersebut akan disampaikan secara resmi melalui konferensi pers Gubernur Provinsi DKI Jakarta."

Gubernur Anies Baswedan seharusnya mengumunkan status PSBB pada hari ini, 3 Juni pukul 17.00 WIB. Namun dengan alasan yang tidak disebutkan, konferensi pers jelang berakhirnya PSBB periode ketiga itu dibatalkan.

"Keterangan pers mengenai status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta yang sedianya akan dilakukan pada pukul pukul 17.00 WIB sore ini ditunda hingga Kamis, 4 Juni 2020," isi pengumuman di Grup WhatsApp wartawan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar