Yamaha

Mantan Miss Malaysia Minta Maaf Usai Diamuk Warga Amerika

  Kamis, 04 Juni 2020   Widya Victoria
Samantha Katie James

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Mantan Miss Universe Malaysia, Samantha Katie James merespon hujatan pada dirinya atas komentarnya yang kontroversial di Instagram. Samantha membandingkan warna kulit seseorang saat mengomentari protes Black Lives Matter yang sedang berlangsung di Amerika Serikat.

Dia menyebut mestinya orang kulit hitam santai saja. Namun, seruan Samantha ini dikritik bernada rasis.

Samantha akhirnya memposting kembali responsnya di Instagram pada Selasa malam (2/6/2020). Dia mengaku menyesal.

“Aku mengerti, maafkan aku. Aku tahu kamu terluka. Saya tahu ini tidak adil. Saya tidak siap untuk memahami hal ini sepenuhnya," katanya seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (3/6/2020).

Samantha, pemenang Miss Universe Malaysia 2017, juga menjelaskan komentarnya tentang bagaimana orang memilih untuk dilahirkan. Samantha menganalogikan seseorang seperti avatar.

"Sepanjang perjalanan saya, saya telah belajar bahwa kita lebih dari sekedar tubuh fisik inii, seperti avatar, hanya setitik kecil debu di alam semesta yang luas dan tak terbatas ini, kita cenderung mengabaikannya dari waktu ke waktu.

"Dalam proses menuju evolusi sebagai manusia, di bumi, kita memilih tubuh kita, keluarga kita, tempat lahir kita, nama kita, dan pelajaran kita dari jalan yang kita ambil secara khusus untuk kita," katanya.

Samantha juga mengakui bahwa ia tidak dapat mengartikulasikannya dengan lebih baik.

"Untuk lebih memperjelas, ya, aku mengartikulasikan diriku dengan buruk ketika menulis 'orang kulit hitam memilih untuk menjadi kulit hitam' dan 'ke orang kulit hitam, bersantai, menganggapnya sebagai tantangan, itu membuatmu lebih kuat'.

"Jika saya lebih memperhatikan bagaimana saya menulisnya, pesan itu akan dipahami sebagai pesan yang menyentuh hati semua korban rasisme, apa pun kulit mereka," katanya.

Samantha telah menghadapi banyak serangan balasan sejak dia membuat komentar aslinya. Termasuk para selebriti.

Aktor Crazy Rich Asia, Henry Golding ikut berkomentar. Menurut Henry, komentar James membuat semua orang marah.

“Anda tidak tahu apa yang harus dilalui oleh orang kulit hitam setiap hari. Kau berbicara omong kosong soal rasis pada platform ini,” tukas sang aktor.

Perusahaan rias Malaysia, Velvet Vanity juga memutuskan hubungan dengan James. Mereka mengeluarkan pernyataan. “Sejak awal perjalanan kami, kami berdedikasi untuk melayani semua orang tanpa memandang warna kulit. Sehingga jika kami mendukung kesalahannya akan bertentangan dengan nama label kami,” jelas label tersebut.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar